Pengguna Indonesia 'Melototin' Layar Gadget 9 Jam

Ilustrasi wanita pakai gadget di tempat tidur
Sumber :
  • iStock
VIVANews
Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat
- Survei baru menunjukkan betapa gadget mampu menghipnotis orang untuk betah berlama-lama. Pengguna gadget di Indonesia disinyalir menghabiskan waktu hampir 9 jam hanya untuk memantau informasi baru di layar tersebut.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Dari sebanyak 30 negara yang disurvei, Indonesia berada di posisi paling atas dengan waktu interaksi sebanyak 9 jam per hari. Angka itu merupakan jumlah keseluruhan perangkat yang disurvei. Artinya, pengguna Indonesia menghabiskan waktu sebanyak itu untuk berinteraksi dengan perangkat-perangkat yang ada, baik smartphone, PC, laptop, atau tablet.
Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.


Dari keseluruhan perangkat yang ada, Indonesia paling banyak menghabiskan waktu di depan layar smartphone, dengan durasi interaksi rata-rata 181 menit per hari. Interaksi di layar televisi merupakan terbanyak kedua dengan durasi 132 menit per hari. Sedangkan untuk laptop/PC dan tablet, durasi rata-rata yang dilakukan orang Indonesia adalah, masing-masing, 117 menit dan 110 menit per hari.


Survei ini dilakukan di awal 2014 oleh Milward Brown yang melibatkan responden dari 16 hingga 44 tahun. Menurut analis teknologi Mary Meeker, diketahui bahwa teknologi semakin berkembang secara global. Secara garis besar, rata-rata pengguna gadget mampu menghabiskan waktu 6 jam 50 menit dalam sehari untuk berinteraksi dengan perangkat-perangkat itu.


Dilansir melalui
Dailymail
, Jumat 30 Mei 2014, jika Indonesia memiliki waktu interaksi layar terpanjang, Itali merupakan negara dengan waktu terpendek. Rata-rata pengguna di Itali hanya menghabiskan waktu 5 jam 17 menit sehari.


Durasi Per Perangkat

Untuk urusan penonton TV terlama, penonton TV inggris menghabiskan waktu terlama, yakni selama 2 jam 28 menit. Sedangkan Vietnam tidak terlalu suka menonton TV sehingga waktu menonton mereka rata-rata hanya 1 jam 9 menit.


Pengguna yang paling sering mellihat Laptop dan PC adalah Tiongkok dengan durasi 2 jam 41 menit. Sedangkan yang tidak terlalu suka menghabiskan waktu di depan laptop dan PC adalah pengguna dari Kenya.


Smartphone, gadget yang paling populer di dunia paling lama digunakan oleh pengguna Nigeria dengan durasi 3 ja, 13 menit sehari. Sedangkan lawannya adalah Prancis dengan durasi hanya 1 jam 19 menit. Ternyata orang Prancis tidak terlalu suka melototi smartphone mereka.


Di ranah tablet, pengguna dengan durasi terlama datang dari Filipina dengan waktu 1 jam 55 menit. Sedangkan Jepang tidak terlalu suka berlama-lama melototi tablet, paling lama 15 menit saja.


Yang mengejutkan, Korea Selatan berada di posisi ke-23 dalam daftar survei, di atas Jerman, Kanada, Slovakia, Hungaria, Jepang, Prancis dan Itali. Padahal Korea Selatan memiliki sistem internet yang ketat melalui peraturan sensor dan pemblokiran web. Pengguna di negara Korea Selatan rata-rata menghabiskan waktu 6 jam 19 menit, atau hanya terpaut 31 menit dari rata-rata durasi pengguna seluruh dunia.


Temuan lain dari survei ini mengklaim melambatnya pertumbuhan internet menjadi kurang dari 10 persen tahun lalu. Justru peningkatan adanya di trafik pengguna internet mobile dengan 81 persen tahun lalu. Dalam temuan itu juga dipaparkan bahwa lebih banyak orang yang memiliki televisi ketimbang ponsel, sekitar 5,5 miliar dibanding 5,2 miliar. Dari 5,2 miliar pemilik ponsel, hanya 30 persen yang berupa smartphone. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya