Google Maps Beri Kemudahan untuk Pemudik

Google maps
Sumber :
VIVAnews - Bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, tentu perlu didukung dengan pengetahuan medan lalu lintas terkini yang akan dilalui. Saat ini, Google Maps memfasilitasi perjalanan mudik yang memungkinkan pengguna ponsel dan tablet dapat mengetahui peta perjalanan dengan akurat dan mudah digunakan. 
PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Dalam sebuah keterangan yang didapatkan VIVAnews, Minggu 20 Juli 2014, Google Maps dapat menampilkan kondisi lalu lintas secara real time di jalan besar maupun kecil dalam peta tersebut. Untuk melihat situasi itu, pengguna menekan ikon triple-bar dibagian bawah kiri layar, kemudian pilih 'traffic'. 
Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Setelah itu, maka muncul bermacam kode warna untuk mengisyaratkan kondisi lalu lintas. Warna hijau menandakan situasi lalu lintasnya lancar, kemudian ada warna kuning yang berarti cukup lancar, sedangkan merah dan hitam diartikan bahwa jalanan tersebut sangat buruk untuk dilewati.
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Tidak hanya itu, Google Maps pada mobile interface yang sederhana dapat membantu pemudik untuk menemukan sebuah informasi tempat penting dengan cepat dan lebih mudah, mulai dari mencari restoran halal lebih dari 100 juta tempat secara global yang kemudian ditambah informasi alamat, nomor telepon, dan ulasan dari orang-orang yang Anda percayai.

Pemudik yang ingin mengetahui tempat peristirahatan makanan tersebut tinggal mengetik tipe makanan atau restoran yang ingin dicari di kotak pencarian (search) pada Google Maps di ponsel atau tablet. Tak lama berselang, akan muncul beberapa pilihan lokasi restoran yang berada di sekitar anda. Bila sudah memilih salah satu tempat yang diinginkan, maka petunjuk arahnya.

Namun, petunjuk arah yang sudah dirasa masih membingungkan, maka ada kemudahan lainnya yang difasilitasi oleh Goggle Maps yakni voice-guide assitance, dimana navigasi suara tersebut akan membantu mengarahkan pemudik ke lokasi tujuan.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah, pengguna mengetik lokasi tujuan, kemudian tekan ikon mobil biru yang muncul di bagian kanan nama tempatnya. Saat anda masuk ke menu 'direction', pilihlah rute yang diinginkan lalu tekan ikon 'start navigation' yang berwarna biru untuk mendapatkan pentunjuk suara dari setiap belokan menuju lokasi yang dituju.

Ternyata navigasi suara ini tidak hanya berlaku pada saat menggunakan kendaraan, ketika anda sedang berjalan kaki dan butuh bantuan petunjuk arah pun bisa memanfaatkan salah satu fitur di Google Maps ini. Pengguna  menekan ikon 'berjalan' diatas atas menu 'direction'.

Fitur dari Google Maps ini tersedia tanpa harus melakukan update atau mengunduh aplikasi tertentu untuk menggunakan kemudahan petunjuk arah tersebut, yang pasti pengguna hanya bisa menggunakan fasilitas ini ketika terkoneksi dengan internet, maka layanan ini bisa dinikmati. 

Pengalaman peta baru untuk perjalanan mudik tersedia untuk pengguna gadget yang berbasis Android dan iOS. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya