Ini Cara Main Game Mobile yang Aman

game mobile
Sumber :

VIVAnews - Survei online Trend Micro, vendor global keamanan peranti lunak, menyebutkan Indonesia bersama Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina termasuk negara yang menyukai game mobile. Sayangnya, banyak ditemui aplikasi berbahaya tentang game.

Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan

Menurut survei itu, di Indonesia, 51 persen konsumen diketahui telah mengunduh aplikasi tiruan berbahaya pada perangkat mereka.

Untuk itu, Trend Micro bersama pengembang game mobile di seluruh Asia membentuk kerja sama Safe Gaming, dengan mengeluarkan Dr. Safety. Ini merupakan aplikasi mobile gratis dengan fitur rekomendasi game bersertifikat aman yang unik.

Dr. Safety memiliki enam fitur teknologi pengaman game termasuk fitur rekomendasi game bersertifikat aman, untuk memastikan konsumen mengunduh aplikasi game yang aman, sehingga mendapat pengalaman bermain game mobile yang menyenangkan.

Pengembang game mobile yang membentuk kerja sama "Safe Gaming" antara lain adalah AppXplore, CreatioSoft, FunPlus, Games Solution Centre – Singapura, Gamiana, Gumi Asia, Monkey Wrench Games, PIGSSS GAMES, Softstar Entertainment, dan Tuttifrutti Interactive.

"Dengan bekerja sama di lingkungan game mobile, kami menawarkan platform terpercaya dan aman bagi konsumen di Indonesia, meredakan kekhawatiran pengguna dari pengunduh aplikasi game tiruan berbahaya," ujar Terrence Tang, Direktur Senior Konsumen Bisnis Asia Pasifik Trend Micro, dalam keterangan tertulis hari ini.

Dr. Safety menyediakan deteksi 100 persen melindungi pengguna dari ancaman eksternal dan secara efisien memberikan informasi tiap aplikasi mobile berbahaya dari perangkat pengguna. Deteksi 100 persen itu telah tersertifikasi oleh PCSL dan AV-Comparative.

Enam fitur pengamanan pada Dr. Safety meliputi:

1. Menjaga akun game - melakukan pemindaian pada semua “apps” (aplikasi mobile) dan file Anda untuk memastikan aplikasi tersebut  tidak berbahaya.

2. Menjaga privasi - mengidentifikasi aplikasi mana yang mengumpulkan dan mencuri informasi pribadi Anda dengan "Trend Micro Smart Protection Network".

3. Anti-phishing - memblokir situs berbahaya termasuk phishing dan situs perbankan palsu.

4. Anti-theft - menemukan perangkat Anda kembali pada saat perangkat Anda hilang.

5. Anti-disturbance - memblokir kontak yang tidak diinginkan dengan whitelist dan blacklist nomor telepon.

6. Rekomendasi Game Bersertifikat aman - men-download “apps” (aplikasi mobile) dengan penuh keyakinan bahwa “apps” (aplikasi mobile) tersebut aman dan “apps” (aplikasi mobile) “utilities” yang direkomendasikan tanpa perlu khawatir.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Kesadaran rendah

Dalam survei yang dilakukan Trend Micro, disebutkan, sebagai dampak penggunaan ponsel yang ekstensif untuk bermain game, banyak konsumen makin rentan terhadap ancaman keamanan mobile. Beberapa fakta utama yang ditemukan berdasarkan survei online meliputi: konsumen di Indonesia adalah pemain game yang antusias, menduduki peringkat kedua dalam men-download aplikasi game mobile di Asia.

Survei menemukan, meski konsumen di Indonesia menyukai game mobile, banyak yang tidak bersedia untuk berbelanja aplikasi game mobile. Selanjutnya, rata-rata kurang dari separuh orang tua yang disurvei terlibat dalam gaya hidup mobile anak-anak mereka.

Temuan lain dalam survei ini yaitu terdapat anti-virus “apps” (aplikasi mobile) yang tidak menawarkan perlindungan yang memadai, kurangnya kesadaran pada  keamanan “apps” (aplikasi mobile). (art)

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar
Vespa World Days 2024 di Pontedera, Italia

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Vespa World Days 2024 telah sukses besar di Pontedera, Italia, menandai 140 tahun Piaggio Group dan 78 tahun Vespa diproduksi di kota tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024