- www.id.aliexpress.com
VIVAnews - Pasar e-Commerce Indonesia bakal makin ramai dengan kehadiran raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba.
Perusahaan yang dipimpin Jack Ma itu, tampaknya tertarik potensi pasar jual beli online di Indonesia. Terbukti, Alibaba mengembangkan situs jual beli online khusus, AliExpress Indonesia.
Dalam akun Facebooknya, dituliskan Ali Express merupakan sebuah situs dari Alibaba.com. Situs jual beli online ini menyediakan produk-produk berkualitas dengan harga grosir langsung dari Tiongkok. Meskipun pembelian dilakukan dalam jumlah yang kecil, Ali Express menjanjikan akan tetap memberikan harga grosir.
Dari halaman Facebooknya, Ali Express tampak belum banyak interaksi yang muncul. Beberapa postingan informasi produk belum banyak dikomentari maupun disukai atau pun dibagi ke pengguna lain. Aktivitas dalam halaman Facebook ini juga masih sepi.
Sama halnya dengan platfrom Facebook, pada situsnya, Ali Express Indonesia, memang tampil dengan bahasa Indonesia. Namun, beberapa item produk masih kosong, misalnya item untuk produk gagdet tak ditemukan daftar produknya.
Sedangkan infromasi dari kategori produk lain rata-rata brand yang kurang familiar didengar masyarakat Indonesia. Fasilitas harga untuk setiap produk di situs ini masih dalam bentuk kurs dolar AS.
Meski demikian, pada situs ini disisipkan enam produk 100 persen buatan Indonesia yaitu Vona, Saqina, Kuche, Moodswing, Engrave Denim, dan Gallop.
"AliExpress memberikan program pembelian ritel, perlindungan pembeli dan express pengiriman dengan full tracking," demikian keterangan yang tertulis dalam halaman situs.
Platfrom e-commerce saat ini memiliki lebih dari 5.900 tipe produk yang berbeda dari 44 jenis industri. Beberapa industri itu adalah pakaian dan aksesoris, otomotif, ponsel mobile, hardware dan software komputer, elektronik, kesehatan dan kecantikan, peralatan lampu, bagasi, tas, sepatu dan asesoris, jam dan perhiasan beserta alat-alat pernikahan. (asp)