CEO Apple Ogah Bagi Data ke Obama

CEO Apple Tim Cook.
Sumber :
  • REUTERS/Robert Galbraith
VIVA.co.id -
Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN
CEO Apple, Tim Cook, memastikan tidak akan mematuhi permintaan Obama. Menurut dia, data pribadi adalah masalah hidup dan mati.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Pria yang pernah blak-blakan mengaku sebagai gay itu, berbicara setelah Obama mengatakan akan menandatangani surat imbauan agar para perusahaan teknologi mau memberikan data siber kepada negara. Hal ini untuk mencegah terjadinya aksi peretasan, seperti yang pernah terjadi pada Sony Pictures.
Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI


Menurut Cook, mempertahankan data privasi online merupakan harga mati, di era informasi vital sangat mudah dicuri. Tidak lupa, dia memberikan 'hantaman' kepada Google dan Facebook yang diketahui menjual data pengguna. Cook menyebutnya sebagai pelecehan privasi yang menjijikkan.


"Kami memiliki bisnis model yang jelas, yakni menjual produk dan layanan yang baik kepada dunia, bukan menjual data. Kita tidak menjual data ke pengiklan, baik data dari konten email, pesan singkat ataupun browser history," kata Cook, seperti dikutip
National Monitor
, Senin 16 Februari 2015.


Sayangnya, Cook tidak menjelaskan perusahaan teknologi mana saja yang masuk dalam kritikan pedasnya itu. Namun, kata dia, kebanyakan perusahaan, bahkan perusahaan teknologi ternama melakukan praktik itu.


Lebih lanjut Cook mengatakan jika seharusnya perlindungan privasi menjadi perhatian dari para pembuat kebijakan di Amerika.


Pidato tersebut dipaparkan Cook dalam acara
White House Cybersecurity Summit
. Presiden Obama terlihat hadir dalam acara tersebut.


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya