Menkominfo Paparkan 19 Program Prioritas Via Twitter

Menkominfo Rudiantara Kunjungi VIVA.co.id
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id -
Hangat Reshuffle, Pemerintah Diminta Perhatikan Kominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menulis beberapa program prioritas yang akan dikerjakan oleh kementeriannya. Program prioritas itu dituliskannya melalui akun Twitter pribadinya @rudiantara_id.

Tarif Interkoneksi Seluler, Harusnya Naik Atau Turun?

Sebanyak 19 program prioritas disampaikan Rudiantara. Dari beberapa program prioritasnya itu antara lain mengatakan tugas Kemenkominfo di Kabinet Kerja, yaitu mendukung kementerian terkait untuk merealisasikan 7 fokus Pembangunan Indonesia yang ditetapkan Pemerintah.
Menkominfo Minta Jangan Salahkan Aplikasi Grab dan Uber


Cakupan bidang utama yang ada di bawah tata kelola Kemenkominfo adalah bidang telekomunikasi, penyelenggaraan internet, dan penyiaran.


Di bidang telekomunikasi, Rudiantara mengatakan prioritas Kemenkominfo saat ini adalah mendorong akselerasi implementasi broadband 4G untuk menjawab kebutuhan internet cepat.


Selain itu, prioritas lain di bidang telekomunikasi yang disebutnya adalah mendorong efisiensi industri dan menyederhanakan proses perizinan.


Sementara dalam bidang penyelenggaraan internet, Kemenkominfo memfokuskan dalam hal cyber security dan governance, e-governance dan e-commerce.


Selain itu, Rudiantara juga menuliskan reformasi birokrasi yang telah dilakukan oleh Kemenkominfo.


Menurutnya berkat reformasi birokrasi yang dilakukan dalam jajarannya, proses perizinan yang rata-rata membutuhkan 14 hingga 60 hari kerja kini telah dipangkas menjadi 3 hingga 21 hari kerja saja. Reformasi perizinan tersebut dilakukan dengan cara percepatan waktu proses, penyederhanaan jenis dan otoritas.


Berikut 19 program prioritas Rudiantara dalam kicauan melalui akun twitternya:


Perkenankan sy menjelaskan ttg Kemenkominfo dan apa yg saya lakukan di Kementrian ini, melalui serangkain twit berikut ini


1. Tugas Kemenkominfo mendukung kementrian terkait u merealisasikan 7 Fokus Pembangunan Indonesia yg ditetapkan Pemerintah.

2.Cakupan bidang utama yg di bawah tata kelola Kemenkominfo: Telekomunikasi, Penyelenggaraan Internet, Penyiaran.

3. a. Agenda prioritas 100 hari pertama bidang Telekomunikasi: (1) Akselerasi Implementasi Broadband/4G u menjwb kebutuhan internet cepat, b. (2) mendorong efisiensi industri, (3) menyederhanakan proses perijinan.

4. U mencapai poin (1) bid Telekomunikasi, (1) kami telah mengimplementasikan teknologi 4G di pita 900 Mhz (Des 2014).

5. (2) Refarming pita 1800 Mhz mulai kuartal 1 th 2015, (3) kebijk refarming 2,1 Ghz di semester 2 th 2015.

6. (4) secara bersamaan mendorong kemampuan nasional dlm membangun industri ponsel 4G.

7. Efisiensi industri telekomunikasi, dg cara mendorong pemanfaatan infrastruktur scr bersama, sampai konsolidasi industri.

8. Prioritas dlm bidang penyelenggaraan internet: 1.Cyber Security & Governance, 2. e-Government, 3. e-Commerce.

9.Penyelenggaraan Cyber Security, prioritas: mengoptimalkan infrastruktur yg sdh ada dg menerapkan proses bisnis & efisiensi.

10. Dlm hal Governance,filosofinya regulator bukan sbg penentu&pengawas yg paling tahu,tp dlm implementasinya libatkan stakeholder&komunitas

11.Kemenkominfo terbuka usulan partisipasi publik dg bentuk PANEL mewakili stake holder:tokoh masy,panel ahli msg2 bid (SARA,pornografi,dll)

12. a. U e-Governance fokus utama saat ini adlh mendorong mengintegrasi sistem antar Kementrian/Lembaga, serta membuat standarisasi. b. Integrasi ini bisa menghemat anggaran hingga triliunan rupiah.

13. Selain itu, integrasi database (basis data) menjd kunci penyelenggaraan e-Government yg efisien.

14.U penyelenggaraan e-Commerce, kami fokus pd pembangunan infrastruktur TIK& ekosistem e-Commerce (perdgn,SDM,investasi,dll) yg mumpuni.

15. Tidak kalah penting adlh membangun SDM (talent) dg kompetensi, baik sbg startup entrepreneur, ataupun SDM di ekosistem e-commerce ini.

16. U stimulasi pembangunan ekosistem e-commerce,kami akan galang pool of capital dg target 1 miliar dollar,yg didukung pengusaha Indonesia.

17. a. Dana tsb akan dikelola scr profesional dg good governance oleh VC yg ditunjuk ber-sama2. b. Model bisnis insentif bagi investor yg berpartisipasi dlm pool of capital ini akan digodog berbasis win-win.

18. a.Reformasi internal sdh dilakukan: perub pola pikir&pola kerja.(1) pergeseran dr rezim perizinan jd lbh berorientasi pd rezim pelayanan. b. (2) pendekatan satu arah menjadi pendekatan partisipasi publik.

19. Reformasi Perizinan mencakup 3 elemen utama: (1) Percepatan waktu proses (2) Penyederhanaan jenis (3) Penyederhanaan otoritas.


"Reformasi internal ini hasilkan beberapa capaian, 8 Perizinan yang rata-rata lama pengurusannya 14-60 hari kerja, telah dipotong menjadi 3-21 hari kerja. Demikian saya sampaikan. Terima kasih kpd semua pihak yg telah memberikan masukan selama ini. Salam, ra," tulisnya.

(one)


Laporan: Bayu Januar/Jakarta



Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya