Game Unik #Dana Siluman Curi Perhatian di Play Store

Game Dana Siluman makin populer di Play Store
Sumber :
  • Play Store
VIVA.co.id
Jusuf Kalla Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Terima Kenyataan
- Kisruh dana siluman dalam APBD DKI membuat Pemprov dan DPRD DKI saling bersitegang. Meski sudah diselenggarakan mediasi oleh Kementerian Dalam Negeri, namun akhirnya nihil. Kedua belah pihak masih ngotot dengan pendapatnya masing-masing.

Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban

Ketegangan itu pun menjadi inspirasi bagi pengembang game dalam Vorir Studio untuk membuat game '#Dana Siluman'. Pada game ini menampilkan karakter animasi Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, atau akrab disapa Ahok.

Role play atau cara main game ini menggambarkan bagaimana pengguna diajak untuk mencermati dalam menentukan harga sebuah barang atau produk. Tujuannya untuk mengedukasi dan sekaligus menghibur pengguna untuk bisa menentukan mana saja yang termasuk anggaran siluman dan mana saja anggaran yang sebenarnya.

Pada game ini, pengguna akan diminta untuk mengklik setiap daftar harga. Harga yang benar adalah harga yang normal dan wajar.

Sedangkan dana siluman yaitu anggaran untuk kebutuhan, namun dengan alokasi yang sangat tak masuk akal. Misalnya, pengguna akan disuguhi belanja satu kulkas dengan harga Rp1 miliar, maka sudah pasti ini adalah dana siluman.

"Istilah dana siluman adalah istilah dana yang besarnya tak sesuai dengan nilai suatu barang/jasa," tulis pengembang pada deskripsi game.

Saat masuk game utama, pengguna diminta untuk mengklik daftar belanja barang. Selanjutnya pengguna akan disajikan deretan harga barang dengan harga masing-masing.

Pengguna harus cermat dengan barang dan harganya. Jika pengguna mengklik barang dan harga yang wajar, maka akan mendapatkan poin 1 dan seterusnya akan mengumpulkan poin jika mengklik barang dengan harga yang wajar.

Sedangkan saat mengklik barang dengan harga yang tak wajar, maka pengguna permainan berakhir, dan pengguna diharuskan mengulang.

Untuk perhatian, game ini sayangnya banyak muncul pop up iklan yang barangkali membuat tak nyaman pengguna.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Game ini tercatat telah diunduh sebanyak 10ribu kali. Dalam deskripsi game diperbaharui pada 27 Februari 2015.

Munculnya game #Dana Siluman menambah banyak game yang bertopik perseteruan antara Ahok dengan DPRD DKI. Sebelumnya, sudah muncul game 'Lulung mencari Dana', 'Lulung Versus Ahok'. Game #Dana Siluman tersedia dalam pusat aplikasi Play Store. (one)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya