Nintendo Bikin Game untuk Ponsel Pintar

Nintendo
Sumber :
  • www.theverge.com
VIVA.co.id
Menanti Laporan Laba, Pasar Saham Asia Dibuka Naik
- Nama Nintendo sudah lekat dengan game
mobile.
Miitomo, Game Nintendo untuk Ponsel Pintar
Namun, perusahaan asal Jepang itu membuat gebrakan baru. Nintendo mengumumkan masuk dalam industri ponsel pintar.
Teka-teki Rilis Ponsel Pintar Game Nintendo

Bukan sebagai pembuat perangkat, tapi Nintendo ingin membuat game yang bisa dijalankan pada ponsel pintar.

Dikutip dari The Verge, Selasa 17 Maret 2015, untuk membuat game itu, Nintendo tak akan sendirian. Tapi, menggandeng DeNA, perusahaan game mobile utama Jepang. Game yang akan diciptakan masih mengusung karakter Nintendo pada game mobile.

"Kedua perusahaan bermaksud mengoperasikan secara bersama aplikasi game mobile baru Nintendo IP, yang telah dikembangkan khusus untuk perangkat pintar," kata Nintendo dalam pernyataannya.

Disebutkan, meski pengembangan game baru itu akan menggunakan properti Nintendo, tapi kedua perusahaan sepakat tak akan mengadaptasi langsung perangkat lunak (porting) game mobile pada game ponsel pintar.

Pertimbangnnya adalah soal kualitas pengalaman game yang dihasilkan. Kedua perusahaan tak akan memporting game khusus untuk konsol rumah Wii U atau sistem portabel Nintendo 3DS.

"Untuk memastikan kualitas pengalaman game besutan Nintendo dan DeNA, yang diharapkan konsumen, maka game asli baru dioptimalkan untuk fungsi perangkat pintar," kata DeNA dalam pernyataannya.

Kedua perusahaan akan mengembangkan layanan lintas platform yang bisa berjalan pada ponsel pintar, tablet, PC, dan perangkat Nintendo. Dalam kolaborasi itu, Nintendo mengambil 10 persen saham di DeNA, sebaliknya DeNa akan membeli 1,25 persen saham Nintendo.

Guna menunjukkan keseriusan perusahaan, Presiden Nintendo Satoru Iwata menggelar keterangan pers untuk mengumumkan perusahaannya sedang mengerjakan konsol baru dengan kode nama NX.

Sayangnya, Iwata masih irit bicara. Sang bos belum mengungkap akan ada berapa versi NX termasuk soal waktu rilis. Bos Nintendo itu hanya berharap rilis konsol baru itu bisa disampaikan pada tahun depan. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya