50 Persen Penjualan Smartphone Dikontribusi Phablet

Ilustrasi tablet Samsung
Sumber :
  • androidheadlines.com

VIVA.co.id - Phablet atau smartphone berukuran layar lebih dari lima inci ternyata cukup disukai pengguna di dunia. Dari total penjualan smartphone, hampir setengahnya merupakan phablet.

Hal ini diungkap oleh data dari perusahaan riset GfK dalam laporan penjualan smartphone dunia pada kuartal pertama 2015. GfK mengindikasikan jika ponsel pintar berukuran layar lima inci ke atas, telah menguasai 47 persen pasar smartphone global.

Dilansir melalui Digital Spy, Jumat 15 Mei 2015, menurut GfK, angka ini naik 12 persen year on year. Total, angka penjualan phablet tersebut mencapai 166 juta unit pada kuartal pertama 2015.

Tren ini terbukti di Amerika, di mana ponsel dengan layar besar terus diminati. Penjualan phablet di negara itu tumbuh 11 persen dalam waktu setahun dan menguasai 70 persen dari pasar ponsel domestik.

Tidak dipungkiri, meningkatnya popularitas phablet karena dipicu peluncuran iPhone 6 Plus. Jejak seri layar besar versi iPhone 6 ini diikuti oleh banyak vendor, tidak terkecuali Samsung, Huawei, sampai HTC.

Axioo Venge X, Smartphone Lokal 4G dengan RAM 3GB

Android juga memiliki lini phablet dari banyak merek smartphone. HTC One M9 dan Samsung Galaxy 6 Edge juga bisa digolongkan dalam kategori phablet.

Dalam laporan GfK, total penjualan smartphone telah mencapai US$96 miliar pada kuartal pertama 2015. Jumlah unit penjualannya pun naik 7 persen, dibanding kuartal yang sama tahun lalu, menjadi 310 juta unit. (art)

smartphone

IDC: 2016, 34 Juta Smartphone Masuk ke Indonesia

Naik 21 persen dibanding 2015 yang hanya 28 juta unit smartphone.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2015