Ahli Matematika Inspirasi Film 'A Beautiful Mind' Meninggal

Ahli matematika John Nash dan istrinya.
Sumber :
  • Nash blogs

VIVA.co.id - John Forbes Nash Jr., ahli matematika dunia dari Princeton University tewas dalam kecelakaan lalu lintas. Ia dan istrinya tidak bisa diselamatkan saat berada dalam taksi di dekat jalan Monroe Township.

Dilansir melalui BBC, Senin 25 Mei 2015, taksi yang membawa Nash dan istrinya, sepertinya berjalan dalam keadaan buru-buru, sehingga lepas kendali saat ingin menyalip mobil lain. Taksi pun menabrak pagar pembatas jalan, suami istri itu terlempar dari dalam mobil dan tewas seketika.

Nash merupakan ahli matematika terhebat di abad 20. Dia juga yang menjadi inspirasi dari film "A Beautiful Mind" yang diperankan Russel Crowe. Nash diacungi jempol atas teori game yang diciptakannya dan kehebatannya dalam melawan penyakit paranoid schizophrenia.

Nash menyebut film "A Beautiful Mind" sebagai interpretasi secara artistik berdasarkan kehidupannya, tentang bagaimana sebuah penyakit mental bisa membuatnya berubah. Tidak seperti karakter Crowe yang sangat bergantung pada obat-obatan, Nash mengakui, saat wawancara yang dilakukan pada 1994, dia tidak lagi meminum obat sejak puluhan tahun lalu.

Dia menyebut penyakit mentalnya sebagai "pelajaran menguntungkan dalam sejarah, di mana orang tidak akan benar-benar bisa pulih atau sehat secara mental. Orang akan menjadi apa yang disebut sebagai konsumen dari organisasi kesehatan mental dan akan selalu bergantung pada pil dan obat-obatan".

Alicia Nash, sang istri merupakan fisikawan MIT yang berjasa menyelamatkan hidupnya setelah Schizophrenia menghantui tubuh pria itu. Alicia merawat Nash meski telah bercerai sejak 1963. Saat tewas, Nash berusia 86 tahun, sedangkan Alicia berusia 82 tahun. Dalam film "A Beautiful Mind", karakter Alicia diperankan Jennifer Connelly.

Berita tewasnya kedua ilmuwan itu mengejutkan akademisi dan perfilman Hollywood. Crowe juga menyampaikan duka cita kepada keluarga Nash melalui Twitter. Dia menyebut keduanya sebagai pasangan "mitra yang luar biasa" dengan "pikiran dan hati yang baik".

John Forbes Nash Jr lahir pada 13 Juni 1928. Teori matematika yang ditemukannya kerap digunakan pada bidang ekonomi, komputasi, biologi evolusioner, robotik, akunting, politik, dan militer.

Ilmuwan Ternama Hawking Terkena Penyakit Misterius

Dia juga pernah memenangi Nobel ilmu ekonomi pada 1994, bersama Reinhard Selten dan John Harsanyi. Pada 2015, dia juga sempat dianugerahkan Abel Prize untuk karyanya dalam persamaan diferensial parsial nonlinear, bersama Louis Nirenberg. (art)

Ivan Zelich

Remaja Ganteng Nan Jenius Ini Ubah Teori Matematika

Teorinya diberi nama Liang Zelich Theorum

img_title
VIVA.co.id
12 November 2015