Kirim Apple I untuk Daur Ulang, Malah Laku Rp2 Miliar

Koleksi produk komputer Apple generasi pertama
Sumber :
  • mashable.com

VIVA.co.id - Entah apa yang ada dipikiran wanita tanpa nama ini. Tiba-tiba dia mengirimkan sebuah komputer Apple generasi pertama ke sebuah pusat daur ulang di Silicon Valley.

Banyak yang menduga wanita itu tidak tahu harga dari komputer Apple generasi pertama itu. Padahal, keterangan Apple menyatakan jika perusahaannya hanya membuat unit tersebut dalam jumlah terbatas.

iOS 17.4.1 Segera Hadir, Pengguna iPhone XR ke Atas Aman

Komputer itu merupakan yang pertama dibuat Steve Jobs, Steve Wozniak dan Roy Wayne tahun 1976

Apple membuat komputer generasi pertama, yang disebut sebagai Apple I, hanya 200 unit. Karena kondisinya sudah jadul dan langka, maka banyak kolektor yang ingin memilikinya. Harga Apple I saat ini laku US$200.000

Pusat daur ulang di Silicon Valley, Clean Bay Area, mengatakan jika perusahaannya tiba-tiba mendapatkan komputer tersebut masih terbungkus rapi. Rupanya, sang pengirim juga telah membersihkan komputer itu sebelum dikirim ke Clean Bay.

"Dia tidak ingin menyebutkan identitasnya. Tidak ada informasi pengirim. Awalnya kami tidak percaya. Kami pikir ini palsu. Ternyata tidak," ujar Victor Gichun, VP Clean Bay Area, seperti dikutip Emirates247, Minggu 31 Mei 2015.

Bukannya di daur ulang, perusahaan itu malah melelang Apple I ke kolektor swasta. Apple I terjual dengan harga US$200.000.

Clean Bay Area tidak ingin menikmati sendiri uang tersebut. Mereka pun mencari identitas wanita pengirim. Gichun mengatakan jika dia ingin membagi uang lelang itu kepada sang wanita.

"Saya masih ingat wajah wanita itu. Jika anda mendengar ini, silakan kembali ke saya dan ambil separuh dari hasil lelang ini," ujar Gichun. (ase)

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.

Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Wamenkominfo Nezar Patria menjelaskan dalam kunjungannya ke Indonesia, CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Apple Tim Cook rencananya akan menemui Presiden Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024