Andi Budimansyah Terpilih Lagi Jadi Bos Domain

Pengurus PANDI periode 2015-2019
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) memiliki struktur kepengurusan baru. Dalam kepengurusan baru tersebut Andi Budimansyah terpilih kembali sebagai Ketua Umum atau Direktur Utama untuk kepengurusan Pandi.

Berbeda di tahun sebelumnya, bila kepengurusan Pandi berjalan selama tiga tahun. Kini, bertambah satu tahun untuk masa kepengurusan.

Hal tersebut disebabkan adanya pembahasan anggaran dasar rumah tangga Pandi yang masih digodok sehingga berdampak kepengurusan yang semakin panjang. Artinya, kepengurusan Pandi kali ini akan berjalan dari tahun 2015-2019.

Andi mengungkapkan, saat ini belum memiliki program untuk kepengurusan selama empat tahun mendatang. Namun, dia baru bisa mematok target jumlah pengguna domain .id hingga akhir tahun 2015.

"Sampai akhir tahun target pengguna domain .id 200 ribu. Sekarang, penggunanya baru mencapai 135 ribu pengguna," kata Andi saat ditemui VIVA.co.id di Gedung Titan Center, Bintaro, Tangerang, Senin, 1 Juni 2015.

Angka pengguna domain .id di bawah kepemimpinan pria berkacamata ini terus melonjak. Saat memimpin Pandi 2011, pengguna domain .id hanya sekitar 57 ribu pengguna, namun hingga akhir kepengurusan kemarin Andi berhasil menggaet hingga 2,5 kali lipat pengguna domain lokal tersebut.

Selain masa kepengurusan yang bertambah, isi anggota kepengurusan di tubuh organisasi nirlaba ini juga dihuni oleh berbagai pihak, tak hanya oleh para penggiat komunitas Internet Indonesia.

"Anggota Pandi saat ini akan ditambah dari beberapa wakil kelompok, seperti dari pemerintah, perguruan tinggi (akademisi), dan penyelenggara jasa internet (bisnis)," jelas Andi.

Ditempat yang sama, Dewan Eksekutif Pandi Wahyoe Prawoto mengemukakan saat ini dewan eksekutifnya baru diisi lima, namun nanti akan bertambah. "Dalam struktur Pandi sekarang baru lima orang, nanti akan segera bertambah menjadi tujuh orang," kata dia.

Berikut penetapan kepengurusan Pandi periode 2015-2019:

1. Dewan Direktur yang saat ini terdiri dari Andi Budimansyah selaku ketua atau Direktur Utama Pandi.

2. Dewan Eksekutif yang terdiri dari:
- Wahyoe Prawoto selaku Ketua Dewan Eksekutif
- Teddy Affan Purwadi selaku Sekertaris Dewan Eksekutif
- Sapto Anggoro selaku Anggota
- Heru Nugroho selaku Anggota
- John Sihar Simanjuntak selaku Anggota.

Domain .go.id Mudah Dijebol Peretas, Ini Kata Pandi

(ren)

Ilustrasi alamat domain Internet.

Pendaftaran Nama Domain Juga Terintegrasi Dukcapil

Manfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan, dan KTP.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2015