Ini Cara Google Bantu Pertajam Keahlian Jurnalis

Sumber :
  • REUTERS/Mark Blinch/Files
VIVA.co.id
Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps
- Google punya 'mainan' baru yang dikhususkan untuk kalangan jurnalis. Perusahaan internet raksasa itu meluncurkan proyek News Lab, laboratorium online yang membantu mempertajam, memperdalam keahlian jurnalis dalam menyajikan berita.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

Direktur News Lab Google, Steve grove, dikutip
Riwayat Blunder Google, Hapus Palestina Sampai Area India
Economic Times, Selasa 23 Juni 2015, menjelaskan News Lab yang diluncurkan pada awal pekan ini akan melibatkan para jurnalis dan para pegiat teknologi untuk menggunakan inovasi teknologi untuk mendukung penyajian dan pelaporan berita.


Dalam laboratorium
online
ini, News Lab berupa platform dengan beberapa
tool
produk Google, mulai dari Google Maps, YouTube, Google Earth dan
tool
lainnya, yang akan membantu para pekerja media melaporkan dan menceritakan kisah kepada khalayak.


"Kini, jurnalis di seluruh dunia dapat mengakses tutorial pada produk ini untuk diciptakan secara khusus bagi redaksi," ujar Grove.


Dalam halaman News Lab, terdapat beberapa bagian meliputi riset, pelaporan, distribusi, dan penggunaaan
tool
untuk kepentingan analitik.


Selain mengembangkan News Lab, bersama mitranya di News Lab, Google juga sedang mengerjakan proyek ini pencitraan gambar masa depan informasi dan berita.


"Serta bagaimana memberdayakan suara baru dalam media berita," ujar dia.


Mitra yang dilibatkan dalam proyek peningkatan kemampuan media ini yaitu Hacks/Hackers, sebuah jaringan yang melibatkan jurnalis dan pegiat teknologi yang fokus dalam msa depan baru pelaporan berita.


"Karena lanskap media dan teknologi terus berevolusi, kami yakin bisa menciptakan dunia yang lebih terinformasi jika pegiat teknologi dan jurnalis bekerja bersama," kata dia.


News Lab disebutkan merupakan upaya global yang mana tim laboratorium ini ada di Inggris Raya, Prancis, Jerman dan Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya