Riset: Evercoss Kuasai Pasar Ponsel RI di Kuartal I 2015

Riset: Evercoss Kuasai Pasar Ponsel RI di Kuartal Pertama 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps
- Lembaga riset Counterpoint mengungkap peta kekuasaan vendor-vendor brand nasional di pasar gadget Indonesia pada kuartal pertama tahun 2015. Pada laporan terbarunya, lembaga itu menempatkan Evercoss di posisi teratas dengan menguasai pasar
smartphone
Smartfren: Ponsel Andromax Tak Bakal Redup
atau telepon seluler pintar dengan raihan 13,1 persen.
Bumikan Internet Cepat, Smartfren Gandeng Lenovo

Untuk urutan kedua diduduki Smartfren dengan 12,9 persen, lalu di belakangnya Advan yang menguasai pasar smartphone
sekitar 7,1 persen.


Bila merujuk pada pangsa pasar gabungan antara
feature phone
dengan
smartphone,
hasilnya tetap sama. Evercoss masih kuat dengan penguasaan pasar 18,2 persen yang disusul Mito 8,5 persen, dan Smartfren 6,7 persen.


"Sebagian besar permintaan
smartphone
masih berada pada kisaran harga US$50 (sekitar Rp665 ribu) hingga US$100 (sekitar Rp1,33 juta) yang kini terhitung hampir setengah dari total penjualan
smartphone
di Indonesia," ujar Research Senior Consultant Counterpoint, Tina Lu, melalui keterangan tertulis pada Rabu, 24 Juni 2015.


Dari lembaga riset GFK pada kuartal pertama 2015, menyebutkan Evercoss berada di peringkat pertama untuk pasar ponsel pintar dengan rentang harga Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Evercoss berhasil memasarkan ponsel pintar sebanyak 2,914 juta unit.


Informasi yang dirilis GFK selaras dengan data yang diungkap Kementerian Perindustrian. Evercoss tetap di posisi pertama dengan jumlah pengapalan ponsel sebesar 14,07 persen, disusul Advan 6,26 persen, Smartfren 6,05 persen, dan Mito 5,54 persen.


Chief Marketing Officer Evercoss, Ricky Tanudibrata, menyebutkan keberhasilan perusahaannya di pasar smartphone dikarenakan Evercoss memperhatikan kualitas produk yang terus digenjot.


"Kami sangat
concern
(perhatian khusus) terhadap kualitas dan harga terjangkau. Paradoks marketing ini menjadi ciri khas kami. Bahwa kami bisa memproduksi produk berkualitas yang berdaya saing. Kami juga sudah memiliki pabrik di Semarang dan laboratorium untuk menguji ketahanan
smartphone
kami,” kata Ricky.


Hingga kini, Evercoss mengandalkan beberapa seri ponsel pintar andalannya untuk bersaing di pasar
gadget,
misalnya Evercoss One X, Winner T, Elevate Y, Elevate Y Power, Winner X, Winner AT74, dan Winner Y.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya