Menkominfo Galau Ponsel Jadi Penyumbang Kasus Kecelakaan

Menkominfo Rudiantara
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Pemerintah Tender Ulang Palapa Ring untuk Paket Timur
- Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara berharap layanan komunikasi yang semakin baik akan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Terutama saat menjelang musim mudik lebaran 2015.

Hari Ini, Pemenang Tender Palapa Ring Diumumkan

Rudiantara mendapatkan catatan angka kecelakaan lalu lintas masih didominasi oleh faktor manusia, salah satunya oleh penggunaan handphone. Data tersebut ia peroleh dari para pegiat keselamatan bermotor di jalan.
Kerugian Penyalahgunaan Telekomunikasi Capai Rp1,2 Triliun


"Saya tidak tahu kenapa handphone bisa menyebabkan kecelakaan, mungkin karena dia menyebrang jalan atau mengendarai kendaraan sambil memainkan handphone," ujar Rudiantara dalam sambutannya di 'Apel Kesiapan Jaringan dan Penyiaran Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H' di Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu, 24 Juni 2015.


Rudiantara melanjutkan, pada tahun 2013, jumlah kecelakaan lalu lintas sebesar 3.152 jiwa. Angka tersebut menurun 18,05 persen di tahun 2014 dengan 2.878 jiwa. Sedangkan, dari korban meninggal dunia di tahun 2013, tercatat ada 765 jiwa dan korban tersebut menurun juga di tahun berikutnya dengan 619 jiwa atau turun 19,08 persen.


"Paling banyak itu faktor mengantuk akibat mabuk pengaruh obat. Obat ini maksudnya bukan narkoba. Banyak pemudik yang minum obat saat melakukan perjalanan. Ini catatan valid dari organisasi keselamatan kerja," ungkap pria yang disapa Chief RA ini.


Dia pun berharap sektor Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang melayani masyarakat saat mudik lebaran 2015 dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas tersebut.


Untuk diketahui, jumlah penumpang angkutan lebaran setiap tahunnya mengalami peningkatan. Di tahun 2013, jumlah penumpang umum sebesar 18,6 juta dan di tahun 2014 mengalami kenaikan mencapai 19,4 juta. Sedangkan untuk tahun ini, pemerintah memprediksi angka penumpang umum lebaran menembus 20 juta lebih atau naik 1,96 persen. Dengan kenaikan tersebut maka jumlah pengguna layanan telekomunikasi pun akan turut meningkat.


"Dengan kualitas layanan dari para operator, terutama layanan 4G LTE (Long Term Evolution) dapat membantu menekan angka kecelakaan ini," harap dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya