Menkominfo: Uji Jaringan, OTT Lokal Bisa Unjuk Gigi

Aplikasi Twitter dan Facebook.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu
- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan apel kesiapan jaringan ini lebih cepat dari sebelumnya. Bila tahun sebelumnya dilakukan dua minggu menjelang lebaran maka kali ini lebih maju satu minggu.

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

"Kesiapan jaringan ini dimajukan karena ada beberapa pertimbangan. Seperti salah satunya agar operator seluler dapat lebih sigap menyiapkan layanan. Jadi kalau ada apa-apa bisa diperbaiki lebih awal," ungkap Rudiantara di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Rabu, 24 Juni 2015.
Tips Bagi Orangtua Jika Anak Gemar Bermain Internet


Pada apel kesiapan jaringan ini, Rudiantara mengimbau kepada para operator untuk mengecek kualitas jaringannya di entry-entry point atau tempat-tempat ramai, seperti bandar udara (bandara), stasiun, hingga pelabuhan.

"Drive test dan stationary test ini diharapkan operator memperhatikan tempat-tempat kerumunan, seperti airport, Stasiun Gambir dan Stasiun Senen, kalau di Jakarta," imbuh dia.


Bahkan, pada sambutannya tersebut, Rudiantara mengajak para perusahaan
Over the Top
(OTT) lokal untuk memanfaatkan momen ini agar dapat lebih dikenal banyak orang dan meningkatkan jumlah pelanggannya. Rudiantara menyarankan para OTT lokal ini dapat menjalin kerjasama dengan para operator seluler.


"Sekarang masih di dominasi OTT internasional, saya harap OTT nasional mulai sosialisasi dan kerjasama dengan operator untuk promosi diri. Mulai dari Sebangsa atau IMES," ucap dia.


Diketahui, pengecekan kualitas jaringan ini untuk mengantisipasi peningkatan trafik telekomunikasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Kementerian Kominfo melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama para operator.
Drive test
dilakukan sesuai Peraturan Menteri nomor 16 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Jasa Telepon Dasar pada Jaringan Bergerak Seluler.


Pada kesiapan jaringan ini ada empat fokus yang diperhatikan. Pertama, kuat daya pancar dan daya terima
handset
(
coverage
). Kedua, tingkat kesuksesan akses jaringan
voice
dan SMS (
success call
), dalam satu operator (
on net
) maupun lintas operator (
off net
). Ketiga, tingkat kontinuitas
voice
dan SMS (
drop call/not delivered
), dalam satu operator (
on net
) maupun lintas operator (
off net
). Keempat, kualitas download dan speed layanan internet (
data throughput
).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya