Menkominfo Imbau Pelaku E-commerce Pakai Domain Lokal

Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dan saling memaafkan dengan Menkominfo Rudiantara (kanan) pada silahturahmi Idul Fitri 1436 H di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/7/2015).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf
VIVA.co.id
Ada Reshuffle, Menteri Kominfo Rudiantara Batal ke Bali
- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengimbau kepada para pemain
e-commerce
Hangat Reshuffle, Pemerintah Diminta Perhatikan Kominfo
untuk menggunakan domain .id atau lokal, ketimbang memanfaatkan domain internasional, yakni .com.
Pemerintah Bangun 'Senjata' Lawan Perusahaan Teknologi Asing

"Dari sisi domain memang ada yang .com dan ada yang .id, tapi kebanyakan .com," kata Rudiantara ditemui di Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu, 22 Juli 2015.


Diketahui, saat ini rata-rata perusahaan belanja online di Indonesia masih menggunakan domain .com, seperti Blibli.com, MatahariMall.com, Tokopedia.com, Bukalapak.com, dan Bhinneka.com. Sementara itu, hanya beberapa yang menggunakan domain lokal, di antaranya Lazada.co.id dan OLX.co.id.


Saat disinggung mengenai kewajiban kepada para pelaku bisnis tersebut, Rudiantara terkesan tak bisa memaksakan mereka. Sebab, menurut dia, penggunaan domain itu tergantung transaksinya di mana, apabila internasional maka domain .com menjadi relevan.


"Tapi, kalau mayoritas transaksinya ada di Indonesia, kami berharap pakai .id, kan kita punya program satu juta domain .id (gratis) untuk berapa tahun ke depan. Jadi, kebijakan dari Kominfo ini tidak boleh parsial, harus holistik terintegrasi pendekatannya kepada ekosistem," kata dia.


Sebelumnya, Kominfo tengah mencanangkan program penggunaan satu juta domain .id secara cuma-cuma. Program tersebut dilakukan untuk "melawan" kedigdayaan penggunaan domain internasional. Perluasan domain lokal ini direncanakan dilakukan pada tahun depan.


"Saya kalau melihat transaksinya di Indonesia, pakai .id lah, kalau jualnya cuma lima persen dari total dagangannya ke luar negeri, maka (seharusnya) pakai .id," tutur dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya