Penetrasi Internet 'Lemot', AS Siap Bantu Indonesia

Perwakilan Kedutaan Amerika Serikat, Daniel A. Sepulveda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Amerika Serikat menyebutkan Indonesia berpotensi besar dalam mengembangkan teknologi internet. Terlebih lagi, menurut negara Paman Sam itu, internet dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Deputi Sekretaris Asisten Biro Kerjasama Ekonomi dan Bisnis Kedutaan Amerika Serikat, Daniel A Sepulveda, mengatakan saat ini penetrasi penggunaan internet di Indonesia masih terbilang minim. Sehingga, kata dia, masa depan Indonesia bisa dibilang berada di bisnis dunia maya.

"ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan salah faktor yang dapat mendongkrak perekonomian negara. Kita percaya internet menjadi teknologi di masa mendatang," ujarnya di @america, Pacific Place, Jakarta, Rabu malam, 29 Juli 2015.

Daftar Negara dengan Internet Terbaik dan Terburuk di Dunia

Ia pun mencontohkan negaranya yang sudah memanfaatkan TIK, dimana warganya menggunakan untuk keperluan sehari-hari.

Sepulveda menyebutkan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia ini, disebabkan penetrasi internetnya masih kecil namun terus tumbuh. Beberapa daerah di Indonesia, kata dia, banyak yang belum memaksimalkan penggunaan internet.

Untuk itu, negaranya berupaya membantu Indonesia agar memanfaatkan teknologi internet sebagai salah satu pendongkrak ekonomi negara. Namun, disayangkan Sepulveda tak mengungkapkan isi kerjasama tersebut.

"Kondisi di Indonesia penetrasi internet terus tumbuh. Jadi, salah satu internet di Indonesia itu bagaimana cara kreatif untuk meningkatkannya, kemampuan untuk menggunakan internet. Kita di sini akan berkolaborasi dengan pemerintah. Tujuan kami disini ingin meningkatkan ekonomi, tapi bentuknya kami belum tahu," tutur dia.

Ilustrasi.

Tren 4K, Lalu Lintas Internet Bakal Disesaki Video

85 persen dari lalu lintas data di internet menggunakan layanan video,

img_title
VIVA.co.id
8 April 2016