Ini Cara Pastikan Akun Facebook Anda Aman

Facebook/Ilustrasi.
Sumber :
  • www.newsroomfb.com

VIVA.co.id - Situs jejaring sosial terbesar dunia, Facebook merilis fitur baru yang membantu mengelola keamanan akun pengguna.

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Facebook memperkenalkan sistem keamanan yang memungkinkan pengguna bisa mengatur keamanan secara mandiri dan menambahkan fitur apa saja yang akan dipakai.

Untuk menghadirkan sistem keamanan tersebut, Facebook mengaku telah membentuk tim khusus.

"Mulai hari ini (30 JUli 2015), anda bisa mencoba tool baru yang disebut Security Checkup yang memudahkan menemukan dan menggunakan fitur kendali keamanan itu pada akun anda," tulis Product Manager Facebook, Melissa Luu-Van dalam situs perusahaan dilansir Jumat, 31 Juli 2015.

Fitur tersebut akan muncul di bagian News Feed di atas profil pengguna.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook

Fitur Security Checkup Facebook

Dalam pengumumannya, untuk mengaktifkan sistem keamanan baru ini, pengguna pertama kali diminta untuk keluar dari aplikasi yang selama ini tak digunakan dalam sebulan.

"Ini agar anda hanya masuk ke Facebook sesuai yang ada inginkan," kata Facebook.

Fitur Security Checkup Facebook

Langkah kedua, pengguna bisa mengaktifkan fitur melalui login alerts. Tahapan ini akan memastikan menghentikan pengguna lain yang mencoba masuk ke akun anda.

"Nantinya kami akan mengirimkan notifikasi atau peringatan email jika seseroang mencoba masuk ke akun anda dari browser atau perangkat asing," kata Facebook.

VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook

Fitur Security Checkup Facebook

Dan tahapan terakhir, pengguna diminta untuk melindungi password akunnya.

Situs besutan Mark Zuckerberg itu menyarankan agar pengguna tidak menggunakan password Facebook di platform online lain.

"Jangan pernah berbagi password dengan siapapun dan hindari kata yang umum yang mungkin mudah dikenali," tulis Facebook.

Fitur Security Checkup Facebook

Setelah tahapan itu selesai, maka akan ada tampilan yang mengonformasi fitur keamanan Security Chekcup pengguna telah berhasil diaktifkan.

Fitur Security Checkup Facebook

Fitur keamanan ini disebutkan sudah akan tersedia secara global pada platform dekstop. Untuk di versi mobile akan menyusul segera.

Namun harap sabar menanti,  jika belum tersedia pantau terus di bagian News Feed, nantinya akan ada tombol 'Get Started' yang menunjukkan fitur tersebut telah muncul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya