Google Rayakan Ultah Kahanamoku, Sang Penemu Selancar

Doodle Google ultah penemu selancar
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id - Google hari ini merayakan hari kelahiran penemu olahraga selancar, Duke Kahanamoku, dalam doodle Google.

Pada 24 Agustus 2015, merupakan kelahiran 125 tahun pria yang berasal dari Hawaii tersebut. Tepatnya, ia lahir 24 Agustus 1890 dan meninggal 22 Januari 1968. Ia dianggap sebagai penemu selancar karena memopulerkan olahraga ini ke seluruh dunia.

Dikutip dari Mirror, Senin 24 Agustus 2015, Kahanamoku lahir di Honolulu, Hawaii sebagai anak pertama dari sembilan bersaudara. Sejak kecil, Kahanamoku telah tumbuh menjadi perenang andal. Ia bahkan telah memecahkan tiga rekor dunia renang gaya bebas pada 1911 di Honolulu.

Setahun kemudian, Kahanamoku masuk dalam tim renang olimpiade Amerika untuk berlaga di Olimpiade Stockholm. Pada ajang tersebut, Kahanamoku menyabet medali emas untuk gaya bebas renang 100 meter dan mendapatkan medali perak untuk renang gaya bebas 4x200 meter.

Kahanamoku tercatat juga memopulerkan selancar di Amerika Serikat dengan menggunakan ketenarannya sebagai perenang andal. Ia memopulerkan selancar di AS pada 1912.

Pada 1914-1915, ia memenangi Australian National Swimming Championship dan memopulerkan selancar di Australia. Olahraga selancar terus meluas. Pada 1915, ia kembali memopulerkan selancar di Selandia Baru.

Selain sebagai peselancar, Kahanamoku juga telah membintangi 14 film. (art)

Sambut Tahun Baru, Google Bikin Animasi Burung dan Telur
Doogle Google peringati kelahiran Hidetsugu Yagi.

Mengenal Perintis Antena Radio dan Televisi

Google memperingati hari kelahiran Hidetsugu Yagi dalam doodle.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2016