John McAfee: Hacker Ashley Madison Wanita Jomblo

John McAfee
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Hacker Jajakan 200 Juta Akun Pengguna Yahoo
- Mungkin pendiri McAfee sudah tidak lagi terlibat di perusahaan keamanan itu. Namun nama John McAfee masih dikenal sebagai pengamat dan konsultan keamanan.

Ini Bukti Sistem Keamanan Informasi RI Lemah

Baru-baru ini, McAfee turut berkomentar dalam kasus peretasan situs perselingkuhan, Ashley Madison. Dia menuduh peretasan itu dilakukan bukan oleh hacker melainkan oleh orang dalam. Tepatnya, wanita jomblo yang bekerja di Avid Life Media, perusahaan pengelola AshleyMadison.com.
Cegah Cyber Crime, Pekerja IT BEI Bakal Disertifikasi


Argumen ini berdasarkan dua bukti terpisah yang ia analisa. Pertama adalah isi file yang dibeberkan 'hacker'. Kedua pernyataan emosi yang ditulis hacker dalam suratnya.


"Ada keanehan dalam database yang ditemukan di file itu dan tidak biasanya hacker bisa mendapatkan akses ke sana. Data itu terdiri dari sampah database MySQL yang asli. Ini bukan sekedar seseorang menyalin data kemudian mengubahnya menjad file .csv," ujar McAfee, seperti dikutip dari
Business Insider
, Selasa, 25 Agustus 2015.


Sebagai tambahan, kata dia, peretasan itu memiliki banyak informasi dalam perusahaan. Ini termasuk opsi saham karyawan, layout kantor Ashley Madison dan kode sumber dari setiap program yang pernah dibuat perusahaan.


"Mengenai klaim kalau ini dilakukan seorang wanita, semua terlihat jelas dalam surat yang ditulis. Dia menyebut pria sebagai 'bajingan'. Jelas ini dilontarkan oleh seorang wanita. Dia juga mengingat hari Valentine. Padahal pria sangat sulit mengingat kapan itu hari Valentine. Jadi ini sudah pasti wanita," ujar McAfee.


Meskipun McAfee memiliki sejarah panjang terkait sikap dan gaya yang buruk namun pengalaman dan kemampuannya dalam dunia keamanan internet tidak bisa diragukan. Teori yang ia paparkan mirip dengan sebuah pengujian ketimbang analisa. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya