Ini Peta Koneksi Internet Seluruh Dunia dan Indonesia

Peta internet of things yang dibuat Shodan
Sumber :
  • Metro.co

VIVA.co.id - Situs pencarian terkait perangkat yang terkoneksi internet, Shodan, berhasil memetakan Internet of Things di seluruh dunia. Shodan memperlihatkan, betapa semakin padat dan luasnya perangkat yang terkoneksi.

Peta yang dibuat Shodan itu tepatnya diciptakan oleh pendiri situs itu, John Matherly. Dia membuat peta dengan mengirimkan 'ping request' ke alamat IP yang ada dalam semua perangkat internet.

Dilansir melalui Metro.co.uk, Minggu, 6 September 2015, peta itu memperlihatkan cahaya merah di wilaya Eropa dan sebelah timur Amerika. Ini menunjukkan bahwa koneksi internet di wilayah itu sangat padat dan hampir mencakup semua perangkat.

Namun, diperlihatkan juga kondisi penggunaan internet di negara berkembang. Amerika Selatan dan India menunjukkan warna terang yang membuktikan jumlah perangkat koneksi internet yang terbesar. Disusul Thailand dan Indonesia. Bahkan dalam peta itu terdapat beberapa titik terpisah yang menunjukkan cahaya terang. Salah satunya ada di Greenland.

"Saya membutuhkan waktu lima jam untuk mengumpulkan data, dan 12 jam berikutnya untuk menghasilkan gambaran dari peta itu," ucap Matherly kepada Gizmodo.

Situs Shodan mampu memetakan perangkat spesifik yang ada di seluruh dunia. Mulai dari kulkas, webcams, gedung bertingkat, pembangkit listrik, sampai perangkat yang terkoneksi internet (internet of things).

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

(mus)

Danny Januar

Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu

Tiga desa itu akan dikawal oleh startup

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016