Kata Kaskus Soal Penipuan Rekening Bersama Blackpanda

Kaskus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Menyusul kehebohan dugaan penggelapan dana anggota dalam forum jual beli, Kaskus memberikan keterangan resminya.

Diberitakan sebelumnya kasus penggelapan dana itu diduga dilakukan pengelola rekening bersama (rekber) dengan nama akun Blackpanda. Rekber ini disebutkan menggelapkan uang pada anggota baik dari penjual maupun pembeli dalam proses transaksi sebuah barang di forum Kaskus.

Untuk itu, platfrom forum tersebut, Senin 14 September 2015, merilis thread yang menegaskan rekber Blackpanda bukan  rekber resmi yang dibikin Kaskus. Platform itu mengimbau agar para kaskuser yang menjadi korban rekber tersebut agar segera menindaklanjuti ke pihak yang berwajib.

Dalam rilis resminya, platform yang memiliki nama perusahaan PT Darta Media Indonesia, menekankan pada tiga hal, yaitu:

1. Kaskus tidak memiliki hubungan secara profesional dengan rekber Blackpanda atau rekber manapun yang ada di Kaskus.

Akun rekber Blackpanda merupakan member Kaskus, maka dari itu setiap anggota  bertanggung jawab secara pribadi dan penuh atas konten yang ditulis dan diterbitkannya di Kaskus.

"Dan anggota setuju untuk membebaskan serta tidak membebani Kaskus beserta pengelola atas segala klaim yang terjadi yang disebabkan oleh konten yang ditulis dan diterbitkannya di Kaskus," tulis Kaskus yang menekankan ketentuan ini sudah tercantum dalam kerangka acuan di Kaskus.

2. Kaskus mengimbau Kaskuser yang dananya masih tertahan di Blackpanda untuk membuat laporan ke pihak berwajib terdekat (bisa Polres atau Polda) sesuai dengan lokasi bertransaksi online.

Kaskus juga menyertakan tata cara membuat laporan penipuan online.

"Jika sudah selesai membuat laporan, Agan akan mendapatkan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) sebagai bukti tertulis sudah melapor pada pihak yang berwajib. Jangan sampai hilang ya STPL-nya," tulis Kaskus.

3. Kaskus akan membantu dengan menyediakan data atau informasi yang dibutuhkan oleh Kepolisian.

Kaskus Bikin Forum Khusus Pemain Pokemon Go
Belanja Online

Sebulan, Pengunjung Matahari Mal Naik 7 Kali Lipat

Kebanyakan berasal dari luar Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016