Pria Ini Dihujat Naikkan Harga Obat AIDS Rp10 Juta per Pil

Martin Shkreli
Sumber :
  • Twitter/Martin Shkreli

VIVA.co.id - Obat AIDS dibutuhkan puluhan jutaan penderitanya untuk bisa tetap bertahan hidup. Sayangnya, obat bernama Daraprim itu kini tidak lagi berharga murah.

Beberapa hari lalu, Daraprim hanya diharga US$13,5 per pil atau sekitar Rp195 ribuan. Dalam kurun semalam, harga Daraprim naik, diperkirakan sampai 5.500 persen, menjadi US$750 atau Rp10,8 juta per pil. Padahal biaya produksi obat ini hanya US$1 per pil.

Semua ini hanya karena keputusan pendiri dan CEO Turing Pharmaceutical. Pria bernama Martin Shkreli itu menaikkan harga Daraprim secara gila-gilaan. Ini dilakukan setelah ia mendapatkan paten dan hak produksi Daraprim, obat yang telah digunakan selama 62 tahun untuk merawat pasien AIDS.

Sejak kenaikan harga itu, Shkreli menjadi musuh bersama, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Dia dianggap sebagai manusia terburuk di Amerika, oportunis, dan segala macam label buruk lainnya.

UNICEF: Satu Anak Terinfeksi HIV Setiap 2 Menit pada 2020

Shkreli tidak merasa bersalah mengambil keputusan itu. Ia beralasan langkah menaikkan harga Daraprim ini dilakukan untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan obat tersebut. Diungkapnya, hak paten dan obat itu telah ia beli pada Agustus lalu dengan harga US$55 juta.

"Ini bukan masalah perusahaan farmasi yang serakah dan ingin menggerogoti kantong pasien tapi kami hanya ingin terus berada dalam bisnis ini," ujar Shkreli, seperti dikutip dari Raw Story, Selasa, 22 September 2015.

Menurut dia, banyak pasien yang menggunakan obat ini hanya dalam kurun setahun. Harga baru obat ini dianggap setara dengan perawatan penyakit langka lainnya. Lagipula, kata Shkreli, obat itu butuh peningkatan fungsi sehingga sebagian dana akan digunakan untuk riset agar obat bisa merawat lebih baik lagi.

Dalam sejarah awal produksinya, obat itu hanya dibanderol US$1. Seiring dengan perpindahan pemilik hak paten, harganya naik menjadi US$13,50. Kemudian hanya saat diakuisisi Shkreli saja harga Daraprim naik sampai beribu kali lipat.

Alasan Varian COVID Omicron Banyak Diidap Pasien HIV-AIDS
3 Obat Penyakit Ganas Diklaim Sembuhkan Pasien Corona COVID-19
VIVA.co.id -

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya