Menkominfo Beri Penghargaan ke Srikandi Telekomunikasi

Menkominfo dan Srikandi Telekomunikasi Indonesia
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA.co.id - Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi Indonesia (Hari Bhakti Postel) ke-70 dirayakan Kementerian Komunikasi dan Informatika setiap tahunnya. Yang menarik kali ini, beberapa penghargaan diberikan kepada beberapa orang wanita yang dianggap telah berdedikasi di bidang pos dan telekomunikasi.

Dalam keterangan resmi Kemenkominfo, Senin 28 September 2015, tema Hari Bakti Postel 2015 adalah "Terhubung Hingga Pelosok Nusantara". Dalam sambutannya, Menteri Kominfo, Rudiantara, menjelaskan bahwa hubungan regulator dengan operator tidak dapat dipisahkan.

“Proyek pembangunan telekomunikasi ini seyogyanya dilakukan oleh operator, tapi hal ini tidak bisa seluruhnya dilakukan oleh operator. Ada peran pemerintah sebagai policy maker untuk membangun infrastruktur telekomunikasi di Indonesia," ujar menkominfo.

Menkominfo juga menyatakan, pada 2019, diharapkan Indonesia sudah memiliki infrastruktur modern dalam bentuk broadband yang sejalan dengan prinsip Trisakti, yang mengacu pada kemandirian, kedaulatan, dan kebudayaan. Kedaulatan ini pula yang menjaga semangat nasionalisme dan rasa percaya diri bangsa Indonesia.

"Selain itu, kami tidak boleh melupakan peran dari para sesepuh dan veteran yang berjasa membuat Indonesia seperti saat ini," ujarnya.

Srikandi Telekomunikasi Dapat Penghargaan

Dalam kesempatan itu, menkominfo juga memberikan penghargaan Satya Lencana. Ada tiga orang yang mendapatkan penghargaan kehormatan di Hari Bhakti Postel ini.

Telkomsel Rilis Paket 3 in 1 Bagi Jemaah Haji

Ketiganya berasal dari perusahaan pelat merah, Telkomsel. Seorang pria, Bona L.P. Parapat, yang menjabat sebagai executive vice president (EVP) Telkomsel Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan). Dua lainnya adalah wanita, yakni Venusiana Papasi selaku executive vice president Telkomsel Area Jabotabek Jabar, dan Yetty Kusumawati selaku EVP Telkomsel Area Jawa Bali.

Venusiana dan Bona Parapat mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan, sedangkan Yetty mendapatkan Satya Lencana Wira Karya. Ketiganya dianggap telah memajukan industri postel dengan ide-ide kreatif, yang berdampak pada kemajuan bangsa serta berpartisipasi aktif dalam menunjang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

Dari ketiganya, kiprah Venus menarik untuk dibahas. Sebab, dia yang mempelopori perkembangan telekomunikasi di wilayah timur Indonesia.

Ketika dunia pembangunan jaringan telekomunikasi didominasi laki-laki, Venus menjadi wanita pertama yang memimpin pembangunan di wilayah timur. Apalagi, alam Papua terkenal ganas dengan kontur daerah yang berbukit hutan serta akses yang sangat minim.

Itu tak menggentarkannya mengemban jabatan sebagai head of Network Indonesia bagian timur sejak 1999.
 
Venus menjadikan seluruh kabupaten di wilayah timur Indonesia memiliki akses komunikasi yang terbuka pada akhir 2004. Padahal, kala itu, untuk mendirikan satu Base Transceiver Station (BTS) saja diperlukan upaya yang ekstra luar biasa, seperti mengangkut peralatan dengan helikopter, membuka wilayah terpencil bahkan terluar.
 
Prestasi ini membawanya menjadi orang nomor satu di bidang network Telkomsel pada 2005, dan menjabat sebagai VP Network Operations Telkomsel.
 
Tak hanya membangun jaringan di area timur Indonesia, dedikasi dan kerja kerasnya ditunjukkan saat memegang tanggung jawab sebagai team leader recovery jaringan seluler jalur barat Sumatera–tsunami Aceh pada 2004 (Meulaboh - Tapaktuan - Simeuleu).

Layanan Data dan Internet Tumbuhkan Bisnis Telkom

Kerusakan parah mengakibatkan unsur vital seperti listrik, air, dan telekomunikasi lumpuh total. Berkat kesigapannya, akses telekomunikasi kembali pulih, sehingga masyarakat, relawan, pemerintah, serta wartawan kembali terbuka akses komunikasi untuk percepatan pemulihan bencana.

"Penghargaan ini merupakan refleksi dari tiap insan Telkomsel, di mana selain menjalankan tugas perusahaan, kami pun mengemban kewajiban berkarya untuk negeri memajukan telekomunikasi Indonesia," ujar Venus, dalam keterangannya.

Telkomsel mempermudah jaringan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC

Segmentasi KFC dan Telkomsel sejalan. yaitu menyasar anak muda.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2016