Setahun Jokowi, Menkominfo: Fokus Kembangkan 4G

Menkominfo Rudiantara Kunjungi VIVA.co.id
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Tepat 20 Oktober kemarin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) satu tahun memimpin Indonesia. Sejumlah menteri pun turut mengomentari mengenai satu tahun kepemimpinan Jokowi. Salah satunya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

Disampaikannya, selama dinakhodai oleh Jokowi-JK, sejumlah program yang dijalankan oleh menteri-menteri di Kabinet Kerja telah dilakukan, terutama program yang berkaitan langsung dengan visi Nawa Cita.

"Banyak yang sudah dilakukan dalam setahun pemerintahan Jokowi-JK, tetapi juga banyak yang harus dilakukan saat ini. Sampai saat ini, (program) sudah sejalan dengan pemikiran Nawa Cita," ujar Rudiantara di Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2015.

Ia melanjutkan, salah satu pekerjaan rumah pemerintah sekarang yakni mengenai fundamental ekonomi Indonesia yang masih mengusung ekonomi konsumtif. Maka dari itu, ia berupaya untuk mengarahkannya ke ekonomi produktif.

"Lebih dari 50 persen masih konsumtif. Kita harus mengubahnya ke arah ekonomi produktif. Dengan realokasi subsidi, itu akan berdampak langsung ke masyarakat. Misalnya, kartu sehat untuk masyarakat miskin, sehingga subsidinya tepat," ungkap dia.

Sementara itu, pencapaian setahun pemerintahan Jokowi-JK dari sudut Kominfo, Rudiantara mengemukakan bahwa pihaknya telah menjalankan dan terus menggenjot program Palapa Ring, Broadband, dan 4G Long Term Evolution (LTE).

"Kita semua di kementerian diberikan fokus dalam pencapaian setahun ini. Kalau Kominfo fokus untuk mengembangkan 4G dulu, maka dari itu saya ajak operator kerja sama untuk bisa menggelar layanan 4G," tuturnya.

Ia menambahkan, mengenai Palapa Ring, disebutkan sudah ada delapan perusahaan yang sudah lolos tahap prakualifikasi proyek pembangunan jaringan backbone serat optik nasional. Nanti infrastruktur tersebut membantu perluasan akses internet ke seluruh Indonesia.

"Kalau Kominfo tidak turun tangan, tidak ada operator yang mau bangun Palapa Ring. Ini juga dijamin oleh pemerintah. Dengan terlaksananya itu nanti bisa membuat lapangan pekerjaan," tutur dia.

Diketahui, saat ini pemerintah melalui Kementerian Kominfo sedang mengejar pelaksanaan Palapa Ring. Sebab, ditargetkan harus rampung pada 2018.

Pemerintah Bangun 'Senjata' Lawan Perusahaan Teknologi Asing

Sementara itu, 4G LTE, saat ini sudah 80 persen proses tata ulang (refarming) di pita frekuensi 1800 MHz. Proses tersebut berakhir di Jakarta pada November 2015.

Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dan saling memaafkan dengan Menkominfo Rudiantara (kanan) pada silahturahmi Idul Fitri 1436 H di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Ada Reshuffle, Menteri Kominfo Rudiantara Batal ke Bali

Presiden Jokowi larang seluruh menterinya ke luar kota saat reshuffle.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016