Facebook Akui Bikin Baterai Ponsel Terkuras

Ilustrasi Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA.co.id - Facebook akhirnya memberikan konfirmasi terkait isu aplikasi jejaring sosial itu cepat menguras daya baterai ponsel. Dalam pengumumannya, tim Facebook mengakui aplikasi mereka iPhone.

"Kami menemukan ada beberapa masalah kunci dan telah mengidentifikasi penambahan peningkatan pada versi aplikasi yang telah dirilis pada hari ini," kata Manajemen Teknik , Ari Grant, dalam halaman akun Facebooknya, Jumat 23 Oktober 2015.

Grant memaparkan, sumber masalah pertama yang ditemukan yaitu "putaran CPU" dalam kode jaringan Facebook. Grant mengatakan, putaran CPU adalah proses akses berulang-ulang yang menyebabkan aplikasi Facebook memakan baterai secara lebih banyak dibanding situasi normal.

Dia mengibaratkan proses "putaran CPU" itu seperti seorang anak dalam mobil yang terus-menerus bertanya, "Apakah kita sudah pernah ke sini".

"Versi (aplikasi Facebook) yang dirilis hari ini telah memiliki beberapa peningkatan yang bisa seharusnya membuatnya hal ini menjadi lebih baik," tulis dia.

Sementara itu, masalah kedua adalah cara Facebook mengatur audio playback. Grant menuliskan, kadang fitur audio terus berjalan karena kurang telitinya pengguna. Grant mengatakan hal ini terjadi misalnya saat pengguna meninggalkan akses Facebook setelah menonton sebuah video.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook

Dalam kondisi itu, kadang sesi audio masih tetap terbuka atau aktif jika Facebook memainkan audio secara diam-diam.

Kondisi itu, kata Grant, sama saja saat pengguna menutup aplikasi musik dan ingin tetap mendengarkan musik, sedangkan pengguna melakukan hal lainnya.

"Jadi, aplikasi Facebook sebenarnya tidak melakukan apa-apa dalam keadaan seperti ini, tapi aplikasi masih mengisap (daya), karena terjaga oleh latar belakang (aplikasi yang dijalankan)," kata dia.

Grant menegaskan, problem terkurasnya baterai pada iPhone tak ada hubungannya dengan fitur berbasis lokasi atau riwayat lokasi milik Facebook.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan penggunaan baterai dari aplikasi kami dan Anda akan melihat perbaikan dalam versi yang dirilis hari ini," tulis dia.

Diketahui sebelumnya, beberapa pengguna iPhone mengeluhkan daya baterai perangkat cepat terkuras habis. Menurut beberapa keluhan pengguna, mereka menduga terkurasnya daya baterai akibat beberapa fitur pada Facebook. (art)

Facebook

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Ada Facebook Live dan Instagram Stories.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016