VIDEO: Emotikon Mata Satu, Cara Baru Kampanye Anti-Bullying

Emotikon mata satu
Sumber :
  • www.techcrunch.com

VIVA.co.id - Ada yang menarik dari sistem operasi mobile Apple, iOS 9.1. Pada sistem operasi teranyar itu muncul beberapa emotikon. Salah satu emotikon yang mengundang banyak pertanyaan yaitu emotikon berbentuk "mata satu".

Sebelumnya, ada yang memaknai emotikon mata satu itu sebagai segala sesuatu yang berasal dari Departemen Keamanan Dalam Negeri AS. Artinya, mata satu itu adalah bentuk pengawasan atas aktivitas yang dilakukan pengguna.

Namun, bagi sekelompok perusahaan teknologi yang tergabung dalam Ad Council memaknai emotikon mata satu itu sebagai simbol kampanye anti-bullying di dalam dunia digital dan online. Perusahaan yang tergabung dalam Ad Council yaitu Adobe, Apple, Facebook, Google, YouTube, Johnson & Johnson, dan Twitter.

Dikutip dari TechCruch, Jumat 23 Oktober 2015, emotikon mata satu itu dipakai dalam gerakan anti-bullying dalam National Bullying Prevention Month. Emotikon itu juga dipakai Ad Council dalam video kampanye berjudul "I Am A Witness".  Emotikon ini diharapkan bisa dipakai saat remaja atau siapa pun yang menyaksikan adanya bullying online.

Penasaran dengan emotikon ini? Jika Anda sudah menginstal iOS 9.1, pengguna akan menemukan emotikon mata satu itu di dekat simbol jam analog dan simbol gelembung teks.

"Semua remaja terdampak oleh bullying dan mereka seringkali merasa sedih saat menyaksikannya. Emotikon telah menjadi bahasa kedua terbesar dari para remaja, dan emotikon memberikan cara yang mudah serta relevan untuk melibatkan mereka," kata Lisa Sherman, Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Ad Council dalam keterangannya.

Ad Council mengatakan, bullying online tak dapat dianggap remeh. Sebab, disebutkan 90 persen remaja usia 12 sampai 17 tahun pernah mengalami bullying di media sosial. Sayangnya, remaja lebih memilih mengabaikan aksi tak simpatik dalam dunia online tersebut.

Bahkan parahnya, tulis Ad Council, sepertiga remaja usia tersebut sudah melakukan bullying di media sosial dan dunia online.

Soal Cyber Bullying, Orang RI Makin Senang Jika Ditindas
Ahmad Dhani

Sering Dibully, Ahmad Dhani: Saya Jadi Tambah Pintar

Ia merasa beruntung jadi orang yang sering dibully.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016