Google Bikin Gmail Makin Pintar

Fitur Smart Reply Gmail
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id - Google kembali meningkatkan pengalaman berkomunikasi melalui layanan emailnya, Gmail.

Perusahaan internet itu mengumumkan fitur baru yang membuat Gmail makin pintar. Fitur baru yang dinamakan Smart Reply, makin memudahkan pengguna untuk cepat membalas sebuah email.

Dikutip Mashable, Rabu 4 November 2015, dalam pengumuman di blog layanan email perusahaan, Google mengatakan segera merilis fitur Smart Reply tersebut.

Smart Reply akan bekerja dengan memprediksi kemungkinan kalimat atau kata yang cocok untuk membalas sebuah email. Prinsip kerjanya mirip dengan fitur prediksi teks saat pengguna perangkat mobile mengetikkan pesan pada keyboard virtual.

Pada Smart Reply, maka pengguna akan disarankan tiga pilihan kalimat balasan sehingga bisa dengan cepat membalas email yang masuk.

Kalimat atau kata yang disarankan disebutkan berkaitan dengan materi email yang akan dibalas dan secara pintar bisa membaca respons ke email yang sama sebelumnya. Jadi, pengguna tak perlu repot.

"Untuk email tersebut yang dibutuhkan hanyalah respons yang cepat. Ini bisa cermat dalam berpikir dan menghemat waktu saat mengetik. Email tersebut membutuhkan sedikit berpikir dan memberi Anda lompatan untuk membalas email pada saat itu juga," kata Bálint Miklós, insinyur peranti lunak Google dalam pengumumannya.

Secara lebih detail, Miklós menuliskan kunci fitur Smart Reply yaitu penggunaan teknik pembelajaran mesin untuk menyarankan berbagai opsi kalimat balasan secara real time. Smart Reply juga menggunakan alat teknologi bahasa natural sehingga kemampuannya memprediksi bisa meningkat di masa depan seiring makin banyak dipakai pengguna.

Miklós mengatakan saat pada awal percobaan, fitur ini menyarankan kalimat balasan email yang tak relevan dengan materi email yang akan dibalas. Dia mengatakan pada awal, fitur malah menyarankan balasan 'I love you'.

Fitur Terbaru Gmail Ini Bisa Batalkan Email yang Terkirim
Gmail.

Cara Pintar Google Tangkal Pesan Sampah Masuk Gmail

Google ingin inbox Gmail tanpa pesan spam.

img_title
VIVA.co.id
11 Juli 2015