Line Gaet Komikus Berbakat Indonesia

Line Creative Day 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id - Pendiri dan Kepala Line Webtoon, Junkoo Kim mengatakan, hingga saat ini sebanyak 6,5 juta orang menjadi pembaca platform penyedia komik online itu. Line Webtoon telah berdiri pada 2004.

"Dalam waktu sepuluh tahun, kami sudah berkembang sangat pesat sekali, bekerja sama dengan teman-teman seniman sekalian, hingga saat ini kami memilki pembaca 6,5 juta, bahkan lebih," ujar Junkoo saat acara Line Creative Day, Kamis, 5 November 2015 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta.

Junkoo mengatakan Line Webtoon mendapat respons positif dari 6,2 juta pembaca. Per Juni 2014, disebutkan pengakses aplikasi Line Webtoon sudah mencapai 29,2 miliar.

Komikus Indonesia

Di Indonesia, Line mengadakan kompetisi kreasi stiker dan komik webtoon yang dimulai sejak Agustus 2015. Hari ini, secara resmi Line telah mengumumkan para pemenang dari kreator tersebut.

Annisa Nisfihani, sebagai pemenang pertama komik webtoon yang ia beri judul 'Pre Wedding' mengatakan ia tak menyangka idenya yang iseng menarik hati para penilai dari Line.

Intip Komik Terkecil Sedunia yang Terbuat dari Media Rambut

"Ya enggak nyangka, karena saya pikir yang juara itu 'Eggnoid', dia ratingnya paling tinggi. Rupanya menang ya Alhamdulillah," kata Annisa kepada VIVA.co.id.

Annisa mengisahkan komik yang ia buat diadopsi dari komik yang sebelumnya telah ia buat. Lalu, dari situ, ia memundurkan yaitu pada masa saat sebelum menikah (pre wedding).

"Awalnya itu dari komik saya 'Pasutri Gaje' tetapi kan akhirnya saya buat sekuel mereka sebelum menikah, jadi saya daftarkan ke Webtoon cerita sebelum mereka menikah," ujar komikus itu.

Annisa mengungkapkan kelebihan cerita yang ia buat sangat Indonesia serta simpel. Ia pun berpesan pada komikus lainnya untuk terus berkarya dan jangan pernah menyerah.

"Coba terus, ramaikanlah industri komik di Indonesia, udah mulai berkembang banget kok," tambahnya.

Sebagai pemenang pertama, Annisa mendapat hadiah uang tunai Rp50 juta dan mendapat kesempatan untuk dikontrak sebagai komikus reguler Line Webtoon.

 The Jakarta Toys and Comic Fair

Berburu Komik dan Mainan di The Jakarta Toys and Comik Fair

Tahun ini, acara akan diramaikan oleh 250 gerai peserta pameran.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2016