Ini Keseriusan Pemerintah Coding Masuk ke Kurikulum

Ujian Nasional SMA  Sistem Online Berbasis Komputer
Ujian Nasional SMA Sistem Online Berbasis Komputer
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Keseriusan pemerintah dalam memasuki kurikulum dasar pembuatan program komputer (coding) terus berjalan. Direncanakan, tambahan mata pelajaran itu akan segera diterapkan pertengahan tahun depan.

Disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, pembahasan tersebut sudah dibicarakan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. Dikatakannya, itu merupakan program jangka panjang instansinya yang bekerja sama dengan kementerian lainnya.

"Jangka panjang, saya sudah bicara dengan Pak Anies juga. Bagaimana coding bisa masuk ke kurikulum. Pak Anies bilang mungkin 2016-2017 akan masuk ke kurikulum, tapi hanya SMK misalnya," ujarnya saat mengunjungi Tech in Asia Jakarta 2015 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis 12 November 2015.

Rudiantara melanjutkan, diharapkan usai memasukkan kurikulum coding tersebut dapat melahirkan sumber daya manusia yang mahir dalam membuat progam komputer, sebab teknologi saat ini terus mengalami perkembangan. Setelah itu, ia berusaha agar para para insinyur tersebut tetap bekerja di Tanah Air, tidak lari ke luar negeri.

"Jadi kita enggak bisa lagi masalah teknologi saja, tapi sumber daya kita secara keseluruhan," ungkap pria yang pernah menjabat berbagai posisi di operator telekomunikasi.