ATSI: Banyak Pengguna Keliru Soal Manfaat 4G LTE

Ilustrasi 4G LTE
Sumber :
  • cnmeonline.com

VIVA.co.id - Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) menyayangkan teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para penggunanya. ATSI menilai pengguna lebih senang 'bermain' dengan media sosial, ketimbang untuk hal yang bermanfaat.

Incar Momen Gerhana, XL Resmikan 4G LTE di Belitung

Disampaikan Sekjen ATSI, Merza Fachys, pola pikir pengguna mengenai teknologi 4G LTE itu selalu‎ terpaku pada kecepatannya, bukan soal kegiatan yang lebih positif pada hal yang berbau kreatif.

"Sebagian besar pengguna, yang terlintas mengenai 4G, bisa main Facebook lebih cepat, browsing lebih lancar. Miris, kalau mindset itu yang digunakan oleh masyarakat. 4G itu kesempatan luar biasa tinggi dibandingkan 3G," ujarnya di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin malam, 16 November 2015.

Merza mengatakan, menurutnya ada dua sisi dari kemunculan jaringan generasi keempat itu, yakni enable dan enabler. Enable berada di posisi operator, yaitu berposisi menghubungkan masyarakat dengan koneksi internet yang lebih baik. Sementara enabler, yakni operator mengharapkan muncul para pemain kreatif yang memanfaatkan jaringan 4G LTE.

"4G ini seharusnya menumbuhkan pemain kreatif yang memanfaatkan akses tersebut. Kemudian ada permainan cantik, apa saja yang belum tersentuh bisa dilakukan dengan memanfaatkan 4G," ungkap Merza.

Internet, dikatakannya, akan menumbuhkan tren-tren baru di kehidupan masyarakat. Salah satunya yang akan dialami seperti Internet of Things (IoT), yang mana semua perangkat yang digunakan terhubung dengan dunia maya.

"IoT itu memungkinkan kita hidup tanpa batas karena semua perangkat kita terkoneksi dengan internet. Sedangkan adanya 4G akan mempermudah kehidupan, ada value-nya. Misalnya, ada pekerjaan yang biasanya dilakukan selama dua‎ jam dengan menggunakan 4G bisa dilakukan 15 menit. Artinya, itu ada value karena menghemat pekerjaan kita hingga satu jam lebih," tuturnya.

 General Manager Sales Regional Central Jabotabek Telkomsel, Heru Sukendro di Thanmrin City.

Cara Telkomsel Tingkatkan 4G LTE di Thamrin City

Telkomsel kerahkan dua BTS makro.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016