NASA Terima Rp759 Miliar untuk Buku Panduan Hidup di Mars

India sukses luncurkan misi ke Mars
Sumber :
  • REUTERS/Babu

VIVA.co.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) diminta Kongres Amerika Serikat (AS) untuk segera mengembangkan habitat manusia untuk masa depan ke ruang angkasa. Tujuannya, untuk bisa bertahan hidup di luar Bumi, tepatnya di Mars.

Pengembangan tempat tinggal di antariksa ini dilakukan, karena manusia yang melakukan misi berawak dari Bumi ke Mars membutuhkan waktu yang panjang. Diperkirakan perjalanan menuju Planet Merah itu menghabiskan hingga enam bulan lamanya, sehingga diperlukan fasilitas hidup yang nyaman saat dalam perjalanan.

Desakan Kongres AS ke NASA dilansir Space News, Kamis, 31 Desember 2015, agar segera mengembangkan proyek yang bernama "Habitation Module" atau Modul Habitat. Sebab, dalam jangka panjang, negeri Paman Sam ini ingin mengirim manusia ke Mars pada tahun 2030-an.

NASA Uji Coba Kamera Baru Observasi Gerhana Matahari Total

"NASA harus mengembangkan purwarupa dalam membuat modul tempat huni dalam program sistem eksplorasi lanjutan paling lambat tahun 2018," tulis dalam laporan Kongres AS ke NASA, dikutip dari Time.

Untuk itu Kongres AS akan memberikan modal sebesar Rp759 miliar kepada NASA untuk pengembangan Modul Habitat tersebut.

Desakan ini bukan tanpa alasan. Sebab, sampai ini NASA belum menemukan model modul huni yang tepat bagi para astronot dalam menjalankan misi berawak ke Mars. Padahal, misi tersebut akan segera dilakukan 15 tahun lagi dari sekarang.

Sejauh ini, NASA tengah bernegosiasi dengan perusahaan-perusahaan pengembang pesawat antariksa untuk menjalankan program Next Space Technologies for Exploration Partnership atau NextSTEP.

(mus)

NASA Gandeng LAPAN, Observasi Gerhana Matahari Total
Gambar model instrumen teleskop antariksa Kepler

Teleskop Penemu 1.000 Planet Rusak Lagi

Peneliti NASA belum mengetahui penyebabnya.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016