Kumpulan Penampakan Aneh dan Unik di Google Earth

Penampakan aneh dan unik di Google Earth
Sumber :
  • www.livescience.com

VIVA.co.id - Layanan pemetaan Google Earth sudah banyak dikenal pengguna internet. Google Earth memetakan bumi dari gambar yang dikumpulkan pemetaan satelit, fotografi udara dan sistem informasi geografis tiga dimensi.

Tercatat ada beberapa penampakan aneh yang terekam pada pemetaan Google Earth, dirangkum laman Live Science, Kamis 14 Januari 2016.

1. Danau 'berdarah'

Penampakan aneh muncul dalam Google Earth di luar kota Sadr, Irak. Jika mengetikkan koordinat 33.396157° utara, 44.486926° barat, muncul sebuah danau dengan warna merah. Sementara danau di sebelahnya memunculkan warna hijau, tapi entah kenapa danau 'berdarah' ini terjadi.

Live Science mencatat, sejauh ini belum ada penjelasan resmi tentang warna aneh merah darah danau tersebut.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Penampakan aneh dan unik di Google Earth

2. 'Semut' Las Vegas

Penampakan aneh juga tampak di daerah Grand Canyon, Las Vegas, Amerika Serikat.

Terdapat penampakan titik-titik yang banyak di area tersebut. Menurut spesialis pemprosesan gambar dan analis pencitraan satelit Politecnico of Torino, Italia, Carolina Sparavigna menyebutkan penampakan titik-titik tersebut adalah gundukan. Karena gundukan itu tersebar merata dan membantang luas, maka jika dilihat dari satelit akan sepeti titik-titik.

Tercatat area gurun sekitar Gran Canyon merupakan Pogonomyrmex barbatus. Spesies ini disebutkan membuat gundukan sarang yang berukuran 120 centimeter dan membentang pada area 10 meter persegi.

Penampakan aneh dan unik di Google Earth

3. 'Kuburan' pesawat

Penampakan unik dan aneh juga terlihat di Davis Monthan Air Force Base di Tucson, Arizona, AS. Area ini merupakan kuburan bagi pesawat militer AS.

Luasnya mencapai 10,5 kilometer persegi itu merupakan area tertutup bagi publik.

Dari Google Earth terlihat banyak bangkai pesawat yang diparkir di wilayah tersebut. Beberapa pesawat yang terparkir di 'kuburan' itu adalah pesawat yang digunakan AS dalam Perang Dunia II yaitu B-52 StratoFortress sampai F-14 Tomcat.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

Penampakan aneh dan unik di Google Earth

4. Pola misterius di Gurun Gobi

Google Earth juga menemukan penampakan yang terbilang aneh. Di Gurun Gobi, Tiongkok, terlihat pola mirip retakan tak beraturan.

Menurut para ahli, dikutip Live Science, itu merupakan basis militer rahasia dan struktur tersebut dipakai untuk berbagai tujuan di antaranya pengujian senjata, kalibrasi satelit mata-mata dan pengujian instrumen radar.

Penampakan aneh dan unik di Google Earth

5. Iklan peta KFC

Penampakan ini bisa dibilang unik. Di Google Earth muncul gambar ikon KFC, Kolonel Sanders, dan kemudian disebut sebagai ide unik beriklan dalam platform pemetaan digital.

Gambar ikon KFC ini disebutkan bisa dilihat dalam koordinat 37.646163° utara, 115.750819° barat di sekitar jalan raya di Nevada, Amerika Serikat.

Riwayat Blunder Google, Hapus Palestina Sampai Area India

Penampakan aneh dan unik di Google Earth

6. Bibir

Penampakan unik lainnya muncul di Sudan. Pada koordinat 12°22'13.32" utara, 23°19'20.18" barat, terdapat penampakan berbentuk bibir. Usut punya usut itu adalah penampakan dari pembentukan bukit di Gharb, Darfur, Sudan.

Penampakan aneh dan unik di Google Earth

7. Segitiga UFO

Penampakan yang menarik perhatian ini pertama kali ditemukan pada 2007 pada koordinat 30°30'38.44" selatan 115°22'56.03" timur di Autralia.

Beragam spekulasi muncul dengan penampakan tersebut. Kalangan peminat objek terbang misterius (UFO) menduga penampakan titik segitiga berkilau di tengah sebuah lapangan itu adalah bentuk kehadiran UFO di bumi.

Tapi menurut pengguna Google Earth, meyakini penampakan segitiga itu adalah antena yang terkait dengan peternakan angin yang dikendalikan dari jarak jauh. Segitiga itu dikatakan sebagai antena penerima sinyal dan pengirim sinyal kendali.

Penampakan aneh dan unik di Google Earth

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya