LokaDok, Aplikasi Mudahkan Cari Dokter

Aplikasi Lokadok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ali Azumar

VIVA.co.id - Sungguh tak enak jika jatuh sakit. Makin tak nyaman jika ternyata dokter yang kita tuju untuk berkonsultasi ternyata sedang tak praktik di sana.

Apple Serahkan US$50 Miliar ke Pengembang Aplikasi

Tapi tenang, kini ada LokaDok, aplikasi lokal yang memudahkan pasien untuk mencari lokasi praktik dokter langganan atau dokter lain yang terdekat. Tak cuma itu, dengan LokaDok, pasien juga bisa melakukan booking instan, sehingga tak menghabiskan waktu di ruang tunggu.

“LokaDok bisa dijangkau di www.lokadok.co.id melalui komputer ataupun ponsel,” kata Dannie Yo, Chief Executive Officer (CEO) dan pengembang Lokadok dalam pernyataannya kepada VIVA.co.id, Minggu, 17 Januari 2016.

Dannie merupakan seorang pengembang software asal Indonesia yang memiliki latar belakang medis sangat kuat. Namun ia kemudian memilih untuk berkecimpung di bidang komputer sejak 2000.

Dannie merupakan jebolan Royal Melbourne Institute of Technology Australia, dan penerima Golden Key International Honour Society karena masuk 15 persen pelajar dengan prestasi teratas.

Dannie mengembangkan LokaDok berdasarkan pengalamannya yang kerepotan mendapat informasi dokter ketika istrinya jatuh sakit.

Sejak diluncurkan, Juli 2015, hingga kini telah ada 1.500 dokter dari berbagai penjuru Indonesia yang teregistrasi di LokaDok. Sebanyak 99 persen dari lebih 160.000 dokter yang tercatat pada Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) juga berada pada daftar sementara (pre-listed) LokaDok.

Inovasi Dokter Cilik Ini Bantu Perbaiki Gizi Anak

APlikasi ini, kata dia, membuat pasien bisa dengan mudah menemukan dokter terdekat dengan kualifikasi yang diinginkan. Pasien bisa menelusuri latar belakang pendidikan dan prosedur medis apa saja yang bisa ditangani sang dokter. Tak hanya itu pasien bisa memberi masukan dan penilaian (rating) atas jasa medis yang telah diberikan.

Pasien juga bisa memasukan nama dokter dalam daftar favoritnya, untuk selanjutnya ditambahkan dengan catatan pengingat seperti nomor ponsel, alamat atau nomor fax.

“Sistem yang dibangun LokaDok juga memungkinkan pasien mensinkronkan perjanjian yang dibuat dengan kalender Google di ponsel pasien, sehingga perjanjian yang telah dibuat tak bakal terlewatkan,” jelas Dannie.

Dokter Kecil Mahir Gizi Kini Hadir Versi Online

Untungkan dokter

Bagi dokter, LokaDok juga menawarkan banyak keuntungan. Misalnya, terpampangnya profil lengkap dokter di internet yang bisa dicari lewat mesin pencari seperti Google atau Bing. Ini penting karena masyarakat global saat ini gemar mencari informasi melalui internet.

Dengan LokaDok, seorang dokter memiliki kemampuan untuk mengatur perjanjian dengan pasiennya sehingga bisa meningkatkan jasa yang diberikan. Semua perjanjian terinformasi pada kelander aktivitas Lokadok.

“Ini membuat dokter bisa mengatur jadwal praktiknya dengan mudah, menentukan kapan waktunya praktik, tutup, atau bahkan libur,” kata Dannie.

Kehadiran LokaDok diharapkan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Sebab, mencari dokter yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan pada wilayah-wilayah tertentu sangat sulit. Apalagi di Indonesia, dokter bisa praktik pada lebih dari tiga tempat. Tentu ini bisa menimbulkan persoalan bagi pasien untuk mengingat jadwal praktik dokter secara tepat.

Adanya LokaDok menghindari antrian yang panjang yang melelahkan. Sistem registrasi secara online, akan menghemat waktu baik bagi pasien maupun dokter. Sistem registrasi yang disediakan LokaDok akan memudahkan pasien sebab bukan model antrian seperti di klinik, tapi jadwal persis perjanjian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya