Permukaan Planet Mars Berhasil Dipetakan

Peta permukaan Planet Mars karya OS
Sumber :
  • www.flickr.com/photos/osmapping

VIVA.co.id –  Planet Mars terus menjadi objek eksplorasi. Belum lama ini, badan pemetaan juga turut ‘terjun’ mengeksplorasi Planet Mars, tapi bukan menjelajahi secara langsung di permukaan planet tetangga bumi tersebut.

Ini Rute Koloni Manusia ke Mars Versi Elon Musk

Dikutip dari BBC, Rabu 17 Februari 2016, badan pemetaan Inggris, Ordance Survey (OS) telah merilis peta daratan Planet Mars sehingga memudahkan peminat antariksa bisa melihat lebih dekat lokasi di daratan tersebut.

Badan tersebut mengatakan peta yang dihasilkan berasal dari data terbuka yang dipublikasi oleh Badan Antariksa Amerika Serikar (NASA). Dari data itu kemudian diolah dan ditampilkan dalam bentuk pemetaan.

Misi ke Mars, NASA Dibantu Negara Arab

OS mengatakan setidaknya peta Planet Mars itu akan menjadi bekal bagi misi pendaratan pendarat di Mars pada 2019.

"Pemetaan ini sedikit sulit untuk pertama kali memahami data peta, terutama dalam hal ketinggian dan skala dan lainnya," jelas kartografer di balik pemetaan, Chris Wesson.

FOTO: Planet Mars Posisi Paling Dekat dari Bumi

Namun demikian, Wesson mengatakan proses pemetaan permukaan itu nyaris identik dengan apa yang digunakan untuk memetakan bumi atau peta besutan OS lainnya.

Wesson mengatakan peta permukaan Mars itu juga bisa bermanfaat bagi astronot dalam mengeksplorasi Mars. Terlebih, dikatakan permukaan Mars punya karakteristik yang datar tapi sebenanrnya berbatu.

Pemetaan yang dihasilkan OS ini atas permintaan dari ilmuwan Inggris, Peter Grindrod. Doktor Universitas London itu diketahui ikut membantu falam rencana pendaratan kendaraan penjelajah Eropa, ExoMars pada awal 2019.

Grindrod mengaku selama ini dia memakai peta dari OS karena peta in menunjukkan banyak informasi dan mudah dibaca.

Peta Planet Mars besutan OS ini sudah mencakup area seluas 10 juta kilometer persegi atau sekitar 7 persen dari total permukaan Planet Mars.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya