Google Punya Telepon Rumah Fiber, Jadi Triple Play?

Logo Google.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Google telah diklaim sebagai pemain baru di ranah Triple Play. Ini terjadi setelah perusahaan digital itu memperkenalkan layanan baru, Google Fiber Phone.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Kehadiran Fiber Phone ini secara tidak langsung mengonfirmasi isu bahwa Google telah menyiapkan layanan telepon rumah. Ini untuk melengkapi layanan berbasis fiber optik yang telah dikomersialkan sebelumnya, yakni internet kecepatan tinggi berbasis fiber dan televisi kabel.

"Meski ponsel telah menjadi alat komunikasi masa depan yang banyak diminati, layanan telepon rumah masih dianggap penting bagi kebanyakan keluarga di dunia," ujar Manajer Produk Fiber Google, John Shriver-Blake, seperti dikutip dari The Verge, Rabu, 30 Maret 2016.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

Menurut Shriver-Blake, telepon rumah sudah menjadi kebutuhan komunikasi keluarga yang dapat diandalkan dengan layanan berkualitas tinggi. Namun sayang, teknologi itu tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.

"Google Fiber Phone bukan layanan telepon rumah berbasis kabel tembaga seperti layanan tradisional yang ada. Ini hanya modernisasi dari telepon rumah, yang bisa digunakan di mana saja. Layanan ini meminjam banyak ide dari Google Voice," ujar Shriver-Blake.

Syarat dan Ketentuan Dapat Uang dari YouTube Shorts, Enggak Gampang

Dalam aplikasinya, Google membanderol US$10 per bulan untuk layanan Fiber Phone. Pengguna bebas menelepon ke mana saja, baik lokal maupu regional. Namun, untuk panggilan internasional, tarifnya akan disamakan dengan Google Voice.

Fitur Fiber Phone banyak yang sama dengan Google Voice. Salah satunya adalah nomor ponsel yang tersimpan di Google Cloud. Artinya, pengguna bisa menelepon dari perangkat apa saja, baik ponsel, tablet atau laptop. Bahkan penerimaan panggilan pun bisa dilakukan di perangkat itu.

"Fiber Phone juga memungkinkan pengguna menelepon ke telepon rumah. Berbeda dengan televisi kabel di rumah saya yang hanya memberikan notifikasi jika ada pesan masuk, tapi tidak bisa menjawab panggilan dari ponsel atau tablet," ujarnya.

Sepertinya peluncuran Fiber Phone tidak akan dilakukan berdasarkan bagian wilayah atau negara. Pengguna Google yang tertarik Fiber Phone harus mendaftar terlebih dahulu di sini.

Selain itu, pengguna harus memiliki kotak Fiber Phone yang berfungsi menghubungkan perangkat mobile dengan yang di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya