Kentongan, Aplikasi Unik untuk Pak RT

Tangkapan layar aplikasi Kentongan
Tangkapan layar aplikasi Kentongan
Sumber :
  • Tangkapan layar aplikasi Kentongan

VIVA.co.id – Kentongan merupakan salah satu wujud kearifan lokal dalam masyarakat. Kentongan biasanya terbuat dari bambu atau kayu yang dipahat dan dilubangi sehingga akan berbunyi nyaring apabila dipukul. Kentongan digunakan sebagai alat komunikasi untuk memberitahu penduduk sekitar bahwa ada suatu hal yang sedang terjadi.

Pada  masanya, kentongan sering dipukul untuk menandakan suatu hal darurat seperti pencurian, kebakaran, atau pembunuhan. Selain itu kentongan juga digunakan untuk mengumpulkan orang, seperti untuk kerja bakti atau pemberian pengumuman.

Namun seiring berjalannya waktu kentongan bambu tergeser oleh modernisasi. Bangunan-bangunan dan gedung-gedung tinggi serta suara mesin kendaraan yang memenuhi perkotaan, menutup suara kentongan tradisional.
Praktis, kini di era digital saat ini, cenderung membuat kentongan menjadi kurang populer. Karena cara berkomunikasi manusia pun juga berubah, yang awalnya berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu menjadi berdiskusi di forum online atau group chat.

Saat ini sudah ada banyak aplikasi-aplikasi populer yang membantu manusia berkomunikasi secara digital. Sayangnya, kebanyakan dari aplikasi tersebut dibuat oleh orang-orang luar negeri dengan fungsionalitas yang umum. Sedangkan kebutuhan yang lebih spesifik untuk pengelolaan komunikasi lingkungan RT di Indonesia belum tersedia.

Dibutuhkan sebuah aplikasi untuk pengelolaan RT yang mana memiliki fitur seperti pendataan warga yang valid, penyebaran informasi kegiatan, pelaporan kas, sebagai alat penyalur aspirasi warga, dan juga harus mampu menjadi sebuah ‘kentongan’ yang dapat memberitahukan seluruh warga apabila terjadi keadaan darurat.

Oleh karena itu, belum lama ini beberapa programmer dari Yogyakarta bergabung menjadi sebuah tim dan membuat aplikasi yang dinamakan Kentongan. Semangatnya yaitu untuk menghidupkan kembali kearifan lokal dan budaya kentongan. Aplikasi ini juga khusus dirancang untuk membantu tugas ketua RT. Kentongan digital ini dapat berjalan di smartphone Android dan iOS. Pemberian makna baru dari sebuah Kentongan yang semula dipukul kini dibunyikan dengan cara disentuh.

“Cita-cita Tim Kentongan adalah penerapan Kentongan di seluruh masyarakat sehingga pemetaan data oleh pemerintah dapat dengan mudah dilakukan. Diharapkan juga dengan aplikasi ini dapat membantu pemerintah dalam mengantisipasi daerah rawan bencana serta memantau  daerah rawan kriminalitas,” kata Saddam Rajief, yang bersama timnya mencetuskan aplikasi tersebut.