Simak Fitur-fitur Baru di Android N

Android N.
Sumber :
  • Tangkapan layar The Verge

VIVA.co.id – Dalam acara Google I/O, Google memperkenalkan sistem operasi mobile terbarunya, Android N. Sistem operasi ini memang belum menyandang nama resminya, tapi dibanding soal tebak-tebakan soal nama penerus Marsmallow itu, yang menarik perhatian dari rilis Android baru adalah soal pembaruan dan fitur-fiturnya.

10 Game Sepakbola Offline

Bicara soal fitur, Google menegaskan Android N dihadirkan dengan mengusung konsep performa, keamanan dan produktivitas. Untuk membumikan tiga konsep tersebut, Google berupaya memberikan pengalaman yang lebih berbeda kepada penggunanya. Berikut beberapa fitur Android N dikutip dari The Verge, Jumat 20 Mei 2016:

Dalam acara Google I/O, Google memperkenalkan sistem operasi mobile terbarunya, Android N. Sistem operasi ini memang belum menyandang nama resminya, tapi dibanding soal tebak-tebakan nama, yang menarik perhatian dari rilis Android baru adalah soal pembaharuan dan fitur-fiturnya.

4 Sistem Operasi Ponsel Penantang Android dan iOS

Bicara soal fitur, Google menegaskan Android N dihadirkan dengan mengusung konsep performa, keamanan dan produktivitas.

Berikut beberapa fitur Android N:

India Siap Bikin Sistem Operasi untuk Saingi Android dan iOS

1. Multitasking

Bagi pengguna Android, kemampuan multitasking pada sistem operasi Google ini sangat diidamkan. Nah, Android N ini hadir dengan inovasi multitasking yang mendukung pengalaman pengguna.

Bentuk multitasking baru di sini yaitu layar perangkat Android bisa terbagi menjadi dua bagian untuk memuat dua halaman berbeda. Cara mengaksesnya juga cukup mudah, dengan menekan ke bawah pada tombol task-switching. Menariknya untuk merasakan multitasking ini, sebuah aplikasi mobile tidak perlu untuk diperbaharui.

Trik lain yang bsia dilakukan dalam tombol task-switching yaitu mengetuk dua kali, maka pengguna akan mendapatkan aplikasi yang terbaru yang dibuka pengguna. Google menyebut kemampuan ini sebagai Quick Switch. Fitur lainnya yaitu tombol Clear All, yang memungkinkan pengguna menghapus semua halaman yang dibuka dalam sekali ketukan. Efisien.

2. Notifikasi

Pada versi Andorid N, tampilan pemberitahuan atau notifikasi akan dirombak. Notifikasi tampil dengan desain lebar di layar dengan ikon tampil lebih kecil. Hal ini membuat ruang untuk notifikasi bisa lebih lebar.

Bukan hanya ruang yang lega, tapi notifikasi juga lebih fungsional. Pengguna, misalnya, bisa membalas pesan pengguna lain tanpa keluar dari halaman notifikasi. Dengan menekan lama pada tiap notifikasi, maka pengguna bisa menerima alert pada aplikasi yang dimaksud di masa depan. Menekan lama pada notifikasi, juga memungkinkan pengguna bisa memilih apakah ingin menampilkan notifikasi dengan mode silent ataupun memblokir mereka secara bersamaan.

Notifikasi pada Android N ini lebih enak dibandingkan Android Marsmallow, sebab ikon bisa disesuaikan dengan yang sering digunakan pengguna.

3. Pengaturan

Google menampilkan informasi lebih detail pada menu setting. Pada Android N, masing-masing bagian yang ada di menu setting akan menampilkan informasi yang relevan, tanpa perlu mengakses lebih dalam.

Misalnya saat pengguna membuka bagian setting, di situ akan terlihat menu storage, dengan tampilan informasi berapa kapasitas yang telah digunakan, atau informasi pada menu aplikasi yang menampilkan berapa saja aplikasi yang sudah di-instal.

4. Tema keyboard

Google memberikan penyegaran pada tampilan keyboard pada Android N. Pembaruan yang mencolok, yaitu keyboard bisa tampil dengan pilihan warna yang lebih beragam, bisa berlatar belakang merah, atau warna mencolok lainnya.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih opsi untuk menghilangkan batas antarhuruf yang mungkin mengganggu.

5. Performa

Google mengklaim performa pada Android N ini meningkat secara umum. N mengadopsi grafik baru API yang disebut Vulkan, yang juga dipakai dalam PC gaming. Dengan bekal ini, maka itu bisa membantu memberikan performa visual yang lebih efisien pada ponsel dan tablet pengguna.

Android N juga memiliki kompiler Just In Time Compiler (JIT) yang membantu meningkatkan daya hidup baterai dan hasilnya menghemat aplikasi 50 persen lebih kecil dengan pemasangan aplikasi lebih cepat 75 persen.

6. Emotikon baru

Emotikon tak lepas dari perhatian Google. Pada Android N ini tampil 13 emotikon baru yang mewakili perempuan dengan karakter universal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya