Kini Ada Fitur Ride Sharing di Google Maps

Tampilan fitur ride sharing di Google Maps
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Google menampilkan fitur terbaru pada layanan pemetaannya, Google Maps. Dimulai saat ini, bagi pengguna transportasi umum akan mendapatkan informasi soal tarif kendaraan aplikasi transportasi online, seperti Grab, Gojek dan Uber.

Sebelumnya, Google menjalin kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta untuk memunculkan estimasi waktu, ketika busway akan tiba di halte yang diinginkan pengguna. Sekarang, fitur yang dinamakan 'Ride Sharing' menjadi pelengkap di Google Maps.

"Mulai saat ini, Google Maps dilengkapi fitur Ride Sharing. Pengguna akan mengetahui informasi tarif seperti Uber dan Gojek," ujar Vice President Google Maps, Hugh Williams di Ballroom Ritz Carlton, Kawasan SCBD, Jakarta, Selasa, 9 Agustus 2016.

Fitur Ride Sharing tersebut disematkan Google untuk menjadi pilihan lain bagi pengguna angkutan umum, yang ingin mencapai lokasi, selain memanfaatkan busway. Layanan transportasi online yang terintegrasi di Google Maps yaitu Grab, Uber dan Gojek.

Tren Grab dan Uber, Indosat Sokong Taksi Online Lokal

Untuk melihat estimasi waktu perjalanan serta tarif di Uber dan Gojek di Google Maps, pengguna hanya tinggal mengisi lokasi yang dituju. Setelah itu, klik ikon berbentuk kereta, maka akan muncul berbagai pilihan dari menggunakan busway sampai opsi menggunakan Grab, Uber dan Gojek. Tampilan layanan Ride Sharing itu disertai perkiraan waktu perjalanan dan tarif yang akan dikeluarkan pengguna.

Tak hanya mengetahui soal estimasi waktu dan tarif aplikasi transportasi online, pengguna juga dapat langsung memesan kendaraan di Google Maps. Sehingga, pengguna tak perlu keluar dari layanan Google Maps untuk memesan kendaraan di Grab, Uber dan Gojek.

"Dengan layanan terintegrasi ini, pengguna bisa memesan kendaraan Uber dan Gojek secara langsung," ucap Hugh yang mengaku sudah lama tinggal di Indonesia.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta

Politikus PKS: Google Ingin Kaburkan Teritori Palestina

Dia menduga penghapusan Palestina di Google Maps adalah ulah Israel.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016