Command Centre Polres Kediri, Teknologi Monitor Kejahatan

Command Center Polres Kediri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Kepolisian Resor (Polres) Kediri meresmikan Gedung Layanan Terpadu berbasis Informasi Teknologi (IT) di markasnya pada Selasa, 1 November 2016. Gedung diresmikan oleh Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Anton Setiadji.

Gedung layanan publik berbasis IT itu berada di halaman depan Kantor Polres Kediri. Ada beberapa ruangan layanan berada di gedung yang terlihat baru itu. Tempat biasa warga melaporkan kasus atau menyampaikan kritik dan saran, Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), berada di bagian depan.

Setelah itu ruangan pelayanan lain berdiri, seperti layanan pengaduan polisi nakal (Yanduan Propam), layanan pembuatan SIM dan BPKB, pembuatan SKCK, pendaftaran Satpam dan Saka Bhayangkara, Inafis, dan beberapa layanan lainnya. Semua layanan menyediakan fasilitas secara online.

Salah satu yang menarik dan ditinjau Kapolda Anton ialah Communication Command Centre. Ini adalah pusat kendali komunikasi untuk memantau titik rawan kecelakaan dan kejahatan di Kabupaten Kediri. Pengamatan VIVA.co.id, banyak layar perekam visual CCTV di titik rawan tertempel di dinding ruangan.

Layanan unggulan Polres Kediri ialah layanan elektronik tilang (e-Tilang) yang diluncurkan dan disimulasikan beberapa pekan lalu. Layanan ini terkoneksi langsung ke ponsel pintar pelanggar lalu lintas yang ditindak. 

Jika ingin membayar denda langsung di tempat, pelanggar bisa melakukannya di ponsel pintarnya secara online ke bank yang digandeng Polres Kediri. Besaran denda ditarik maksimal, jika melebihi dari nominal denda pasal yang dikenakan, uang dikembalikan kemudian, juga secara online.

E-Tilang Polres Kediri mendapatkan apresiasi dari Markas Besar Kepolisian RI dan jadi percontohan. Informasinya, aplikasi tersebut akan diterapkan secara nasional oleh Polri dan untuk awal akan diterapkan di 16 Polda se-Indonesia.

Kepala Polda Jatim, Irjen Polisi Anton Setiadji, mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh anak buahnya di Polres Kediri. "Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolres Kediri, karena ini berkaitan dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat," katanya kepada wartawan.

PNBP 2022 dari Tilang Menurun, Kemenkeu Sebut Karena Implementasi E-Tilang 
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Mabes Polri Klaim Angka Kejahatan di Indonesia Turun 9,31 Persen

Mabes Polri mengklaim kalau jumlah kejahatan, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama dua hari pada 13-14 Juni 2023, menurun 9,31 persen.

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2023