Laporkan Hoax Melalui Aplikasi Ini

Ilustrasi/Kabar hoax
Sumber :
  • PeopleOnline

VIVA.co.id – Maraknya berita fitnah dan informasi palsu atau hoax semakin meresahkan masyarakat, terlebih penyebarannya pun kini semakin mudah dan meluas melalui media sosial.
 
Menyoroti hal itu, Masyarakat Telematika Indonesia memunculkan sebuah fitur Laporkan HOAX yang ada pada aplikasi Mastel. Pada fitur aplikasi Mastel tersebut, masyarakat dapat melaporkan berbagai informasi fitnah dan hoax, baik itu halaman situs, pesan berantai, maupun gambar.
 
“Laporan tersebut akan langsung Mastel sampaikan kepada otoritas di Kementerian Kominfo RI dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif. Sehingga nantinya bisa menjadi basis pelaporan berita hoax dan ditindaklanjuti oleh pemerintah selaku regulator,” tulis Mastel melalui keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, Kamis 29 Desember 2016.
 
Mastel menjelaskan, ide crowdsourcing pelaporan berita fitnah dan hoax tersebut, berangkat dari apa yang telah dilakukan oleh aktivis gerakan Turn Back Hoax. Pelaporan berita fitnah dan hoax pada website Turn Back Hoax.
 
“Sebagaimana layaknya crowdsource, fitur Laporkan HOAX melalui Aplikasi Mastel mengandalkan partisipasi masyarakat guna melaporkan setiap berita fitnah dan hoax yang tersebar luas,” tulis Mastel.
 
Aplikasi Mastel tersebut telah tersedia di Google Playstore dan iOS AppStore.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!
Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad Geram Dituduh Lakukan Pencucian Uang, Begini Responnya

Raffi Ahmad lagi-lagi harus menghadapi kabar yang tidak menyenangkan. Pria yang sering disebut sebagai Sultan Andara ini dituduh terlibat dalam pencucian uang.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024