Soal Penyadapan SBY, Menkominfo Segera Cek

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengaku belum mengetahui mengenai isu penyadapan telepon presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono dengan Kiai NU Ma'ruf Amin. Namun begitu, dia mengatakan akan mencari tahu persoalan ini dari lingkungan sekitarnya.

Kesal dengan PSI, Demokrat Minta Jangan Seret SBY

"Saya akan coba tanya beberapa teman. Saya sendiri belum tahu isu-nya, bagaimana saya mau komentar," kata Rudiantara, usai sidang kabiner paripurna di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2017.

Namun begitu, Rudiantara mengatakan jika pemerintah tidak melakukan penyadapan secara sepihak. Kecuali jika melibatkan beberapa institusi dan kasus hukum, yang telah diatur dalam UU.

Demokrat Klaim Rakyat Rindu Keberhasilan Era SBY

"Saya rasa tidak ada ya dari konteks negara, pemerintah melakukan penyadapan. Kalau itu kasus hukum, bisa dicek ke provider (operator telekomunikasi). Kalau penyadapan itu hanya bisa dilakukan berdasarkan UU. Contohnya KPK dan BIN, itu yang diperbolehkan dalam UU untuk merekam percakapan. Kalau saya harus menyelidiki, harus kasus hukum dulu itu," ujarnya.

Intinya, kata Rudiantara, jika direkam tanpa mengacu UU kemudian dijadikan barang bukti di pengadilan, itu dianggap tidak bisa dilakukan.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

"Jangan suudzon dululah, tabayyun itu penting. Jangan sampai jadi hoax," kata Rudiantara.

SBY di acara rapat pimpinan nasional Partai Demokrat 2022

Kekuatan SBY dan Ancaman Anas-Moeldoko

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dijadwalkan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2023