UU Telekomunikasi Bakal Diganti atau Direvisi

Ilustrasi Menara BTS.
Sumber :
  • flickr.com

VIVA.co.id – Pemerintah saat ini berencana mengkaji ulang isi dari Undang-Undang Telekomunikasi no.36 tahun 1999. UU tersebut dianggap sudah kedaluarsa dan tidak sesuai dengan tren dunia telekomunikasi yang ada saat ini.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), I Ketut Prihadi mengatakan, akan ada dua kemungkinan yang dilakukan pemerintah terkait dengan UU tersebut. Dua kemungkinan itu adalah mengganti dengan UU baru atau merevisi beberapa pasal yang dianggap tak sesuai zaman.

"Bisa dua sih. Kemungkinan direvisi atau diganti karena kami mencermati isu-isu yang ada sekarang lalu membandingkannya dengan isi UU 36 tahun 1999. Jika banyak yang harus diubah, ya lebih baik diganti dengan UU telekomunikasi yang baru. Jika perubahannya hanya sedikit, ya disesuaikan saja pasal tertentunya," ujar Ketut di Jakarta, Selasa, 7 Maret 2017.

Ribuan Personel Tim Serpo Siaga Demi Kelancaran Akses Jaringan Telekomunikasi Selama Libur Lebaran

Ketut menjelaskan, saat ini pihak BRTI dan beberapa stakeholder telekomunikasi sedang mengkaji dan mencari pasal-pasal mana saja yang dianggap tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman. 

"Kalau yang harus disesuaikan itu ada lebih dari 50 persen maka lebih baik diganti.Jika di bawah 50 persen, ya hanya direvisi," ujarnya.

Starlink Datang, Telkomsat Tak Gentar

Ketut mengatakan, jika saat ini masih terjadi tahap awal dari proyek tersebut. Rapat telah dilakukan bersama beberapa stakeholder. Selain dengan APJII, ada juga operator telekomunikasi dan Masyarakat Telematika (Mastel).

"(UU) Ini baru ingin dibahas, internal. Belum bisa diketahui kapan selesainya karena harus melewati Prolegnas. Jalannya masih panjang.” (mus)

Ilustrasi pengadilan.

Pembangkangan Terhadap UU Telekomunikasi, Pengusaha Ilegal Ini Diancam Hukuman Pidana

Agar menghindari adanya penindakan hukum yang dilakukan Kemenkominfo hingga aparat kepolisian, Agung menghimbau supaya pelaku usaha ilegal RT RW Net menghentikan usahanya

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024