2025, Konsumsi Data Dunia Capai 163 Zettabyte

ilustrasi broadband internet
Sumber :
  • itpro.co,uk

VIVA.co.id – Tren data yang semakin meningkat diprediksi tak bisa lagi dibendung. Dalam delapan tahun ke depan, jumlah konsumsi data di dunia akan mencapai angka 163 zettabyte.

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Prabayar dan Pascabayar Kartu SIM

Angka ini merupakan laporan dari IDC dengan tajuk Data Age 2025 yang didukung oleh perusahaan Seagate. Laporan tersebut memprediksi 163 zettabytes (ZB) akan memenuhi storage dunia pada 2025.

Zettabyte merupakan penyebutan untuk satuan data yang berjumlah satu miliar terabyte, atau 1000 pangkat 7 atau 10 pangkat 21.

Pendapatan dari Bisnis Pulsa dan Data Internet Setara Unicorn

"Angka ini berjumlah 10 kali dibanding data yang dihasilkan pada 2016 lalu. Tidak semua orang memiliki kontribusi dalam jumlah data sebesar ini karena yang terbesar akan dihasilkan oleh perusahaan atau bisnis," ujar  CEO Seagate Steve Luczo, seperti dikutip dari Business Wire.

Dalam laporan tersebut dijelaskan, pada 2025, sebanyak tiga perempat atau sekitar 75 persen populasi dunia akan berinteraksi dengan data digital satu sama lain. Dengan kata lain, dalam delapan tahun, rata-rata satu orang akan berinteraksi sebanyak 4.800 kali sehari dengan perangkat yang terkoneksi.

Beli Paket Data Internet Cukup Scan QR Code, Enggak Ribet

"Saat ini rata-rata orang memiliki lebih dari satu perangkat yang terkoneksi, baik drone maupun mobil. Delapan tahun lagi, angka itu akan meningkat menjadi empat perangkat per orang," katanya.

Oleh karena itu, kata Luczo, Seagate harus bisa pintar memilah mana data penting yang harus dikelola dan mana yang tidak, lalu bagaimana mengelolanya. Jika mereka gagal maka taruhannya kehilangan revenue dan buruknya pengalaman di konsumen.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana.

Paket Bundling Telkomsel dan Vidio, Apa Saja yang Didapat

Telkomsel menghadirkan paket bundling berlangganan Vidio dengan bonus kuota data 1GB untuk pelanggan menikmati keseruan menonton fasilitas yang disediakan keduanya.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2023