Google Translate Diklaim Makin Indonesia

Logo Google Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Google menyadari pentingnya keberadaan aplikasi Google Translate. Aplikasi ini tak dipungkiri sangat memudahkan pengguna internet untuk menerjemahkan bahasa asing ke Bahasa Indonesia. 

Cara Menggunakan Google Translate di Ponsel Android

Penggunaan Google Translate di Indonesia menurut data Google juga cukup besar. Untuk itu, guna meningkatkan pelayanan, Google menyulap aplikasi terjemahan itu dengan inovasi Neural Machine Translation (NMT). Apa itu?

Ya, inovasi ini menjadikan Google Translate makin pintar menerjemahkan dan memahami konteks artikel. Google Translate kini tak hanya menerjemahkan bahasa asing dari kata per kata, tapi memahami artikel bahasa asing secara menyeluruh dan memahami konteks. 

Cara Menggunakan Google Translate atau Google Terjemahan

Product Communications Head of Google Indonesia, Putri Silalahi mengatakan dalam mengembangkan Google Translate, Google selalu menimbang dan memerhatikan suara dan aspirasi pengguna Indonesia. 

"Tiap upgrade itu selalu pikirin Indonesia," ujar Putri di Kantor Google Indonesia, Sentral Senayan II, Jakarta, Kamis 27 April 2017. 

Bahasa Uighur Masuk Dalam Daftar Google Translate

Putri mengatakan, salah satu wujud pengembangan Google Translate yang mengakomodadi kebutuhan pengguna Indonesia yakni munculnya fitur terjemahan tap to translate dan word lense. 

Fitur tap to translate memungkinkan pengguna internet bisa menerjemahkan secara cepat bahasa asing di aplikasi chatting. Misalnya di WhatsApp, pengguna memanfaatkan fitur itu saat mengobrol dengan orang asing. Pengguna cukup copy paste kata asing dan muncul ikon Google Translate. 

"Fitur itu terinspirasi oleh kebiasaan orang Indonesia. Perilaku chatting," kata dia. 

Sementara fitur word lenses, kata Putri, juga bermanfaat bagi pengguna internet yang ingin menerjemahkan kata asing, dengan cukup memotret kata tersebut. Dan fitur ini cocok bagi pengguna Indonesia yang gemar travelling. "Jadi Indonesia itu penting bagi Google Translate," ujarnya. 

Putri yakin dengan inovasi NMT itu bakal menjadi terobosan dalam dunia penerjemahan secara daring. "Saya yakin pembaharuan secara keseluruhan ini bakal berguna dan sangat menyenangkan," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya