2 Tahun Mengangkasa, Pesawat Ulang-Alik AS Pulang ke Bumi

Ilustrasi pesawat ulang alik meluncur ke ruang angkasa.
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Setelah lebih dari 2 tahun berada di luar angkasa, pesawat ulang-alik X-37B Orbital Test Vehicle kembali ke Amerika Serikat dengan berhasil mendarat, pada Minggu, 7 Mei kemarin, di Pusat Ruang Angkasa Kennedy milik NASA.

Angkatan Udara Indonesia-AS Gelar Latihan Cope West 2023

"#AirForce # X37B # OTV4 kembali setelah lebih dari 700 hari di #Space," bunyi keterangan resmi Angkatan Udara AS, melalui akun Twitter-nya, seperti dikutip situs Sputniknews, Senin, 8 Mei 2017.

Menurut Angkatan Udara AS, X-37B Orbital Test Vehicle adalah "pesawat ruang angkasa terbaru yang kembali dari orbit dan paling canggih serta bisa dipergunakan berulang kali.

Anggota TNI AL Dibegal, Dokumen Rahasia Pentagon Bocor

"#AirForce # X37B # OTV4 telah kembali dari orbit dan telah mendarat dengan selamat @NASAKennedy," ungkap mereka.

Program X-37B adalah pesawat ruang angkasa yang bisa melakukan pengurangan risiko, eksperimen dan konsep pengembangan operasi.

Rudal Rp6 Triliun Jet Tempur Siluman AS Bisa Tertipu Balon Mainan Rp183 Ribu

Pada 20 Maret 2015, roket Atlas Peluncuran United Launch Alliance (ULA) berhasil meluncurkan satelit AFSPC-5 untuk Angkatan Udara AS dari Pusat Peluncuran Complex-41.

Ini adalah penerbangan keempat bagi X-37B. Boeing memulai Proyek X-37B Orbital Test Vehicle secara rahasia di bawah pengawasan NASA pada 1999.

Awalnya, X-37 yang dapat digunakan kembali dimaksudkan untuk memperbaiki satelit di orbit. Namun, pada 2004 program ini diklasifikasikan dan diserahkan ke Angkatan Udara AS.

Sejak 2010, pesawat ruang angkasa tersebut melakukan uji penerbangan orbital. Menurut para ahli, X-37 bisa digunakan baik untuk pengujian teknologi baru maupun untuk penyampaian satelit pengintaian ke luar angkasa.

Selain itu, X-37 bisa juga dilengkapi dengan senjata, namun Departemen Pertahanan AS (Pentagon) memastikan bahwa ini bukan bagian dari rencananya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya