Mahasiswa Berhasil Bikin Gawai Pendeteksi Kanker Kulit

Gadget sKan.
Sumber :
  • University of McMaster, Canada

VIVA – Empat mahasiswa dari Universitas McMaster, Kanada, menciptakan gawai (gadget) sebesar kartu debit/ATM, yang fungsinya mendeteksi kanker kulit jenis melanoma.

Punya Banyak Tahi Lalat Berpotensi Terkena Kanker Kulit?

Melansir situs Mirror, Jumat, 10 November 2017, gawai mini tersebut bernama sKan. Mereka menjelaskan, saat dipakai sKan mampu mendeteksi kanker kulit dengan melacak perubahan suhu pada kulit.

"Penelitian menunjukkan bahwa daerah kulit yang terkena kanker akan terdeteksi lebih panas daripada yang tidak terkena kanker," kata para mahasiswa ini menjelaskan.

Mengharukan, Ibu Rela Matanya Diangkat Demi Lahirkan Anak

Tak hanya itu, sKan merupakan alat canggih yang dibuat dengan biaya yang tidak besar. Komponen yang dipakai juga tersedia di pasaran dan harganya murah.

Mereka mematok harga sKan sekitar Rp13,3 juta (US$1.000). Berkat karya inilah, keempat mahasiswa itu memenangkan salah satu penghargaan bergengsi, James Dyson Award.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Mereka berharap, sKan dapat membantu menyelamatkan nyawa melalui deteksi yang lebih akurat. Sebagai informasi, kanker kulit melanoma tergolong sangat berbahaya.

Inggris saja sudah 2.500 nyawa melayang akibat terkena melanoma setiap tahun. Mayoritas diagnosa awal berdasarkan inspeksi visual, yang terkadang tidak akurat. (hd)

Ilustrasi kulit remaja.

Enam Fakta Melanoma, Nomor 4 Bikin Ngeri

Kanker yang paling banyak menyerang usia muda.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2018