Google Beberkan Sebab Tiang Listrik Setya Novanto di Maps

Titik lokasi kecelakaan Setya Novanto ditandai Tiang Listrik Setya Novanto
Sumber :
  • Twitter/@putrihusna

VIVA – Google Indonesia angkat bicara soal munculnya lokasi Tiang Listrik Setya Novanto di Google Maps pada Selasa 21 November 2017. 

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Mereka mengatakan, kumpulan data yang muncul di Google Maps berasal dari berbagai sumber, yakni kombinasi dari penyedia pihak ketiga, sumber data publik dan kontribusi pengguna. Dengan berbagai sumber data yang masuk ke Google Maps, perusahaan raksasa digital itu menyadari ada potensi munculnya data yang tak akurat di aplikasi peta Google tersebut. 

Untuk itu, Google Indonesia berusaha menyajikan data di Google Maps dengan yang lebih update dan komprehensif. 

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

"Kami memperbarui data secara reguler, namun waktu yang dibutuhkan bervariasi. Inilah mengapa kami mempunyai tool yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mempercepat proses," ujar perwakilan Google Indonesia kepada VIVA, Kamis 23 November 2017. 

Kepada pengguna, Google Indonesia mendorong agar aktif melaporkan sesuatu yang tak akurat di Google Maps dengan memanfaatkan tool Send feedback (kirim masukan) yang ada di pojok kiri bawah aplikasi Google Maps, atau di pojok kanan bawah pada Google Maps di desktop. 

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

"Selanjutnya klik Report a data problem," tulis Google Indonesia. 

Khusus mengenai temuan lokasi 'Tiang Listrik Setya Novanto' di titik kecelakaan Ketua DPR itu, Google Indonesia sudah melakukan tindakan dengan cepat. 

"Tim Google Maps telah mengambil tindakan cepat yang diperlukan untuk memperbaiki isu ini, sehingga pengguna sudah dapat melihat perubahan secara langsung baik di aplikasi Google Maps dan Google Maps di desktop," ujar Google Indonesia. 

Lima hari setelah peristiwa, titik lokasi kecelakaan Novanto di Google Maps tertandai dengan 'Tiang listrik Setya Novanto'. Kemudian Rabu pagi 22 November 2017, di Google Maps, titik kecelakaan tersebut berganti dengan nama 'Tiang listrik Papa'. 

Topik tiang listrik sedang menjadi perhatian dalam sepekan terakhir ini. Sebelumnya tren perbincangan tiang listrik menginspirasi pengembang game asal Yogyakarta menciptakan game unik Tiang Listrik. 

Popularitas topik tiang listrik muncul setelah kecelakaan Novanto, meski faktanya mobil Fortuner yang ditumpangi Novanto menabrak tiang lampu di Jalan Pertama Berlian,Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya