Ada Istana di Bawah Danau Turki, Umurnya Diduga 3000 Tahun

Istana berusia 3.000 tahun di dalam danau di Turki
Sumber :
  • SMCP

VIVA – Beberapa orang penyelam yang baru saja menjelajah Lake Van di Turki, mengklaim telah menemukan istana yang hilang. Istana itu tersembunyi di bawah danau terbesar di Turki dan diperkirakan berusia 3.000 tahun.

Misteri, Ini 7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius di Seluruh Dunia

Dilansir dari South China Morning Post, salah seorang fotografer yang ikut menyelam, Rahsin Ceylan, mengatakan bangunan itu memang benar adanya. Namun arkeolog dan kurator museum menyangsikan temuan mereka itu.

Dalam penyelaman itu, Ceylan bersama dengan dua orang penyelam lainnya, terkejut akan temuan itu. Dikatakannya, bangunan bersejarah itu memiliki luas sekitar satu kilometer persegi dengan ketinggian diperkirakan hampir 10 kaki.

Petani Temukan Hewan Purba Glyptodon Seukuran Mobil

Sayangnya, tidak ada eksplorasi lanjutan terkait istana yang hilang itu sehingga tidak diketahui sampai kedalaman berapa istana itu berdiri.

"Dari bebatuan yang digunakan untuk membangun dinding istana, diperkirakan istana ini dibangun pada masa peradaban bangsa Urartu, kerajaan di Zaman Besi. Istana tersebut berada tepat di tengah danau itu dan diperkirakan terus tenggelam seiring dengan kenaikan volume air di Lake Van selama beribu tahun lamanya," ujar Ceylan.

Lima Penemuan Arkeologi Besar di Tahun 2020 yang Layak Ditunggu

Danau itu memiliki luas sekitar 1.450 mil persegi dan telah menjadi destinasi wisata di Turki. Dengan adanya penemuan ini, diharapkan akan semakin banyak orang yang mau datang ke Lake Van, tak hanya turis tapi juga arkeolog.

"Air danau itu memang meningkat dan membuat para penghuninya minggat namun struktur bangunan tak berubah walaupun beberapa titik terdapat reruntuhan," kata Ceylan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya